Cuaca Panas, Masalah Pemilik Mobil Sport di Indonesia

Kompas.com - 14/08/2018, 10:25 WIB
BMW M2 Coupe terbaru di GIIAS 2018. ISTIMEWABMW M2 Coupe terbaru di GIIAS 2018.

JAKARTA,KOMPAS.com - Kendaraan berjenis sport atau supercar jadi salah satu jenis kendaraan yang eksistensinya semakin banyak. Biasanya spesifikasi mesin berkubikasi besar punya performa yang pasti gahar.

Sayangnya, tidak seperti negara asal di Eropa dan Amerika, suhu udara di Indonesia membuat mesin-mesin tersebut bekerja di suhu panas. Padahal mereka membutuhkan pendinginan untuk bekerja di performa tinggi.

"Suhu tinggi ini jadi masalah karena sebenarnya pendinginan mereka juga diperlukan saat menghantarkan performa mesin. Selama ini suhu panas yang jadi salah satu masalah pemilik mobil sport di Indonesia," ucap Marketing Manager Retail Timurraya Kurnia Manunggal, distributor pelumas Lubrication Engineer (LE), Natalyus Purnomoadi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Natalyus mengungkapkan, salah satu yang paling diperhatikan pemilik kendaraan sport untuk mengatasi suhu panas di kendaraan mereka adalah memilih pelumas mesin yang tepat. Spesifikasi utamanya adalah pemilihan pelumas yang dapat bekerja dan tahan terhadap panas.

Baca juga: Ragam Pelumas Kendaraan Premium

Untuk itu perlu pengetahuan tentang produk pelumas yang dipilih. Biasanya para pengguna mobil sport mempelajari dulu pilihan pelumas yang akan digunakan baik dari pencarian di internet sampai rekomendasi sesama pengguna.

Natalyus mencontohkan produk LE yang memiliki zat-zat aditif seperti Almasol, Monolec, Duolec dan Quinplex. Zat-zat ini memiliki fungsi tersendiri untuk bekerja di suhu panas ekstrem.

Almasol misalnya dijelaskan bekerja di suhu sampai 1.038 derajat Celcius dan berguna untuk meminimalkan keausan logam, menahan beban berat dan mencegah kontaminasi kimia.

"Intinya meminimalkan kontak antara logam sehingga mengurangi gesekan, panas dan aus yang menjadi masalah pada mesin kendaraan bermotor," ucap Natalyus.

Natalyus mengungkapkan harga pelumas mesin kendaraan sport juga tidak bisa dibilang murah. Ini sebabnya pilihan pelumas yang tepat juga menjadi investasi untuk perlindungan mesin agar berumur panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.