Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Lawas Dilarang Ikut Pawai Obor Asian Games

Kompas.com - 13/08/2018, 10:22 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua ratus lima puluh pengendara vespa akan ikut mengawal pawai obor atau torch relay Asian Games di Jakarta pada 15-16 Agustus 2018. Namun kegiatan ini tidak melibatkan vespa lawas yang masih bermesin 2-tak.

Penanggung jawab kegiatan, Arief Ramdani, mengatakan, tidak dilibatkannya vespa 2-tak disebabkan tingginya emisi gas buang yang ditimbulkan kendaraan tersebut. Selain tak sejalan dengan tema kegiatan olahraga, tingginya emisi gas buang vespa lawas berpotensi mengganggu pelari yang akan membawa obor.

"Kita memang mensyaratkan vespa modern 4-tak karena kalau vespa 2-tak takut asapnya mengganggu pelari," kata Arief di Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Baca juga: Ratusan Vespa Jadi Pengawal Pawai Obor Asian Games 2018

Menurut Arief, tak ada pembatasan tahun bagi vespa yang berpartisipasi. Sepanjang sudah bermesin 4-tak, vespa tersebut tetap diikutsertakan dalam kegiatan pawai obor.

Para anggota komunitas vespa Kutu Community berkumpul di Taman Ayodya, Jakarta Selatan sebelum memulai kegiatan turing santai berkeliling Jakarta pada Senin (1/1/2018).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Para anggota komunitas vespa Kutu Community berkumpul di Taman Ayodya, Jakarta Selatan sebelum memulai kegiatan turing santai berkeliling Jakarta pada Senin (1/1/2018).

Namun pengecualian bagi vespa 4-tak yang dimodifikasi dengan body vespa lawas. Guna menghindari polemik di lapangan, penyelenggara kegiatan juga tak melibatkan vespa jenis ini.

"Karena yang tahu kalau itu sudah 4-tak kan hanya kalangan internal. Jadi demi menghindari pertanyaan-pertanyaan di lapangan, kita memutuskan yang boleh ikut hanya vespa modern yang body-nya (bagian depan) berbahan plastik," ucap Direktur Transportasi Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Komisaris Besar Ipung Purnomo.

Baca juga: Anies-Sandi Ramaikan Jakarnaval 2018 dengan Naik Vespa

Pawai obor Asian Games 18 di Jakarta dijadwalkan dimulai dari wilayah Jakarta Timur, lanjut ke Jakarta Selatan dan berakhir di Monas, Jakarta Pusat. Seluruh rangkaian kegiatan ini akan berlangsung pada Rabu (15/8/2018).

Keesokan harinya, Kamis (16/8/2018), pawai obor dilanjutkan dari Monas menuju ke Jakarta Barat, dan nantinya akan diakhiri di Danau Sunter, Jakarta Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com