Polisi Mulai Tegur Pelanggar Ganjil-Genap Jakarta

Kompas.com - 18/07/2018, 12:00 WIB
Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan yang melintas saat uji coba sistem ganjil genap di Pintu Tol Kunciran 2, Tangerang, Banten, Senin (16/4/2018). Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menargetkan, kebijakan sistem ganjil-genap di tol Tangerang-Jakarta bisa mengurangi kepadatan menuju Jakarta hingga 50 persen. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELPetugas kepolisian mengarahkan kendaraan yang melintas saat uji coba sistem ganjil genap di Pintu Tol Kunciran 2, Tangerang, Banten, Senin (16/4/2018). Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menargetkan, kebijakan sistem ganjil-genap di tol Tangerang-Jakarta bisa mengurangi kepadatan menuju Jakarta hingga 50 persen.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Rabu (18/7/2018) Ditlantas Polda Metro Jaya mulai melakukan teguran kepada pengguna mobil yang melanggar aturan perluasan ganjil-genap DKI Jakarta, hingga 31 Juli 2018.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, Rabu (18/7/2018).

"Tahap uji coba sudah masuk tahap teguran, mengalihkan dan mencatat nopol kendaraan yang melanggar," ucap Budiyanto.

Baca juga: Jadwal Uji Coba Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta

Budiyanto menjelaskan bahwa, mulai hari ini juga disiapkan petugas gabungan yang di tempatkan di pintu-pintu masuk lokasi perluasan ganjil-genap Jakarta.

Semua petugas tersebut akan memantau, mengalihkan dan mencatat nopol kendaraan yang melanggar.

"Selama uji coba ini belum ada penindakan dengan tilang. Penindakan dengan tilang akan dimulai pada 1 Agustus 2018," ujar Budiyanto.

Mulai bulan depan ganjil-genap diberlakukan setiap Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB atau selama 15 jam dalam satu harinya.

Berikut daftar jalan yang memberlakukan sistem ganjil-genap:

1. Ruas Jalan S. Parman - Jalan Gatot Subroto - Jalan MT Haryono - DI Panjaitan - Jalan Ahmad Yani - hingga Simpang Coca Cola atau Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih.

2. Jalan Arteri Pondok Indah atau di ruas jalan simpang Kartini sampai dengan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Sepanjang ruas Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan.

4. Ruas Jalan Bunyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X