AHM Siapkan Pengelola Limbah Baterai PCX Hybrid

Kompas.com - 17/07/2018, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daya tahan baterai lithium-ion yang terpasang pada Honda PCX Hybrid diklaim bisa sampai delapan tahun. Setelah itu, bisa diganti dan merogoh kocek sekitar Rp 7 jutaan.

Menurut General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Wedijanto Widarso, jika baterai rusak motor pun tetap berfungsi, karena hanya sebagai alat untuk menambahkan tenaga ketika berakselerasi.

Mengenai limbah baterai itu sendiri, Wedijanto mengaku sudah tidak khawatir sebab perusahaan telah bekerjasama dengan badan pengolahan limbah yang punya kantor pusat di Swedia.

Baca juga: Beda Konsumsi BBM PCX Hybrid dengan Versi Standar

"Mereka punya kantor cabang di Indonesia, Nanti kita koordinasikan ke mereka bagaimana cara menanggunangi limbah baterai tersebut," ujar pria yang akrab disapa Wedi pekan lalu.

Beda torsi pada Honda PCX standar dan Hybrid.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Beda torsi pada Honda PCX standar dan Hybrid.

Metode yang kemungkinan dilaksanakan, yaitu limbah tersebut dikumpulkan kemudian dikirim ke Singapura. Baterai tersebut bisa juga didaur ulang atau dihilangkan begitu saja.

"Pada intinya kita sudah pikirkan itu semua, sampai melakukan ketersediaan baterai baru juga," kata Wedi.

PCX Hybrid itu sendiri dibekali baterai jenis lithium-ion dan memiliki kapasitas 50,4 V - 4 Ah, dan 12v, 3 Ah, tipe MF.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.