Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Blangkon, Galang Start Terdepan di WorldSSP300 Misano

Kompas.com - 08/07/2018, 20:10 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MISANO, KOMPAS.com - Hasil apik sesi kualifikasi diperoleh pebalap muda Indonesia di ajang WorldSPP300 Galang Hendra di Misano, Sabtu (77/2018). Pebalap asal Yogyakarta itu merebut posisi terdepan dalam sesi Superpole 2 (SP2).

Pebalap Yamaha Racing Indonesia ini mengukir waktu terbaik 1 menit 50,517 detik. Rivalnya di posisi kedua dan ketiga diperoleh Scott Derou dan Perez. Keduanya menggunakan Ninja 400 dan memiliki selisih 0,344 detik dan 0,388 detik dari Galang.

"Saya sangat senang dengan hasil kualifikasi ini. Ini kali kedua di musim balap tahun ini saya mendapatkan pole position. Untuk balapan nanti saya akan melakukan yang terbaik untuk bisa semakin di depan," ucap Galang dalam keterangannya Minggu (8/7/2018).

Sepeda motor YZF-R3 milik Galang di atas kertas masih kalah dalam pencapaian top speed dibanding para rival yang menggunakan Ninja 400. Para rival punya memiliki selisih kecepatan hingga 5 kpj dengan motor yang digunakan Galang.

Baca juga: Galang Hendra Bidik 3 Besar Klasemen WorldSSP300

Namun pebalap berusia 19 tahun ini terbukti lebih baik melibas berbagai kondisi trek di Misano yang memiliki panjang 4,2 kilometer. Galang yang bergabung dalam tim Biblion Yamaha Semakin di Depan MotoX Racing sebelumnya meraih posisi terdepan di sesi latihan bebas pertama dan kedua.

Salah satu gimmick menarik dilakukan Galang bersama teknisi Yamaha. Ia mengenakan blangkon bersama para teknisi timnya untuk mengenalkan budaya Jawa di Benua Eropa.

"Saya bawa blangkon sekitar 12 buah untuk tim pakai. Saya ingin mengenalkan dan mempopulerkan budaya Jawa di dunia balap internasional," ucap Galang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com