Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ingin Pertahankan Avanza Pakai Gerak Roda Belakang

Kompas.com - 25/06/2018, 07:20 WIB
Aditya Maulana,
Aris F Harvenda

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza bisa jadi masih bertahan dengan sistem gerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD). Padahal, para pesaing di kelasnya sudah mengadopsi gerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD).

Menurut Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, secara pasar antara gerak roda belakang dan depan punya konsumen masing-masing.

Terbukti dari hasil penjualan Avanza yang masih cukup bagus, meski banyak pesaing.

Baca juga: Saran Komunitas untuk Avanza Terbaru

"Kita terus terang menjadi sedikit bingung dalam menentukan Avanza akan seperti apa ke depannya," ucap Soerjopranoto belum lama ini di kawasan Senayan, Jakarta.

Pria yang akrab disapa Soerjo ini melanjutkan, sekarang banyak low multi purpose vehicle (LMPV) yang berubah menjadi sistem gerak roda depan.

Secara akselerasi, diakui memang lebih bagus, tetapi untuk mengangkut penumpang atau barang lebih banyak menjadi kurang.

"Itu menjadi konsen kita dalam menentukan, karena ini juga masih 50:50 persen. Itu yang kita lihat sekarang, tetapi kami tidak melihat konsumen ke arah itu (FWD), tetapi butuh pembaruan," ujar Soerjo.

Baca juga: Avanza Meluncur Setelah Pilpres 2019

Oleh sebab itu, menurut dia Avanza itu sendiri sudah pasti akan mengalami ubahan, tetapi seperti apa masih belum bisa diinformasikan, karena belum ketok palu.

"Saya sudah tiga kali ke Jepang dan memang belum putus bagaimana hasil akhirnya Avanza ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com