Mengenal Pengganti Iannone di Suzuki - Kompas.com

Mengenal Pengganti Iannone di Suzuki

Kompas.com - 12/06/2018, 04:42 WIB
Joan Mir yang akan menjadi pebalap tim pabrikan Suzuki musim 2019.MOTORSPORT.com Joan Mir yang akan menjadi pebalap tim pabrikan Suzuki musim 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Bakal kehilangan satu pebalapnya Andrea Iannone pada musim 2019 nanti, tim pabrikan Suzuki tak begitu lama mengumumkan penggantinya. Dia adalah juara dunia Moto3 di 2017, Joan Mir.

Pebalap asal Spanyol tersebut saat ini berlaga di Moto2 sebagai pebalap rookie bersama tim Marc VDS, dan sudah mampu beradaptasi cepat. Sepanjang musim 2018, dirinya berhasil berada di posisi kelima klasemen sementara dengan perolehan 64 poin.

"Joan Mir baru berusia 20 tahun sekarang, sudah menjadi juara dunia Moto3 dengan 10 kemenangan yang mengesankan tahun lalu," ujar Manajer Tim Suzuki Davide Brivio melansir Motorsport.com, Senin (11/6/2018).

“Dia garang, cerdas, baik dan dia bisa sangat cepat. Semua karakteristik yang kami cari dalam pengendara muda. Pebalap yang  ingin bergabung dengan kami tidak hanya untuk gengsi, tetapi terpenting karena dia percaya pada proyek balap kami,” ujar Brivio.

Baca juga: Andrea Iannone Resmi Pindah ke Aprilia 2019

Joan Mir berhasil podium ketiga di GP Italia 2018, dan akan menjadi pebalap tim pabrikan Suzuki musim 2019.MOTORSPORT.com Joan Mir berhasil podium ketiga di GP Italia 2018, dan akan menjadi pebalap tim pabrikan Suzuki musim 2019.

Ketika Brivio berbicara dengan Mir, pebalap berusia 20 tahun itu disebut menyukai proyek Suzuki dan ingin segera bergabung Mir disebut memiliki pemikiran yang cukup jernih, dan ini menjadi dorongan besar buat Suzuki.

"Tentu saja, kami tahu betul bahwa dia akan butuh waktu, buat mendapatkan pengalaman dan berkembang bersama kami. Namun kami memiliki kepercayaan penuh pada potensi yang dimilikinya,” ujar Brivio.

Keberhasilan Mir untuk berprestasi di kelas bawah, membuatnya menjadi pebalap yang diincar pabrikan besar di pasar MotoGP 2019. Bahkan dirinya sempat memiliki kontrak dengan tim Honda.

Namun, opsi tersebut akhirnya tidak terjadi dan Suzuki mendapatknya pada posisi yang aman. Lantaran Honda sudah mendapatkan Jorge Lorenzo, yang akhirnya hengkang dari Ducati..

Mir akan menjadi rookie ketiga yang ditarik oleh tim pabrikan Suzuki sejak kembali ke MotoGP, setelah Maverick Vinales 2015 dan Rins yang keluar dari Moto2 mulai 2017.



Close Ads X