Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatian Presdir Baru Daihatsu pada Merek China

Kompas.com - 05/06/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Masuknya merek China seperti Wuling dan DFSK ke pasar otomotif dalam negeri, membuat pilihan buat masyakat semakin bervariasi. Walaupun memang sampai saat ini masih belum menggoyang posisi merek asal Jepang.

Presiden Direktur baru Astra Daihatsu Motor (ADM) Tetsuo Miura, juga menaruh perhatian untuk merek-merek tersebut. Dirinya menyebutkan, kalau pabrikan asal China cukup kuat, terutama terkait harga jualnya.

“Mereka sungguh strong, terutama soal harganya yang sangat kompetitif. Wuling, Dongfeng, harganya bisa 20 persen sampai 30 persen lebih murah daripada merek-merek normal Jepang. Jadi mereka sangat kuat saya pikir,” kata Miura, Senin (4/6/2018).

Baca juga: Nakhoda Jepang Pimpin Daihatsu Indonesia

Test Drive Wuling CortezKOMPAS.com / Aditya Maulana Test Drive Wuling Cortez

Meski begitu, Miura menyebut, Daihatsu sudah memiliki perisai dan tameng kuat untuk menghalau serangan merek China.

“Tak hanya dari sisi produk, tapi juga dari seluruh aktivitas marketing yang kami lakukan, termasuk sales dan aftersales service,” kata Miura.

“Pada sisi penjualan kami memiliki keuntungan, di mana kami punya sejarah panjang di negeri ini. Jadi aktivitas yang komprehensif dari sisi penjualan dan aftersales service, pemasok, dan jalinan hubungan dengan Astra International, membuat kami memiliki keuntungan lebih dari mereka,” ujar Miura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com