Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Nissan Terra di Filipina Sebelum Masuk Indonesia (1)

Kompas.com - 04/06/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CLARK, KOMPAS.com – New Nissan Terra penantang baru Toyota Fortuner, Pajero Sport dan Isuzu MU-X, resmi meluncur di pasar Asia Tenggara termasuk buat di Indonesia.

Ikut dalam peluncuran perdananya di Filipina, Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak beberapa media Indonesia untuk ikut menjajal produk baru tersebut, termasuk redaksi Kompas.com. Filipina dipilih karena salah satu pasar besar bagi Nissan.

Kebagian unit varian 4x4 dengan fitur terlengkap, pertama kali duduk di jok pengemudi yang dilengkapi dengan Spinal Support System terasa nyaman. Jatuhnya tubuh dan pinggul di kursi dengan busa empuk dan cukup tebal, langsung buat kerasan.

Baca juga: Simak Spesifikasi Lengkap Nissan Terra

Pengaturan kursinya juga sudah elektrik, untuk maju-mundur, menyetel ketinggian, dan juga sudut sandaran cukup dengan menggeser tombol. Namun sayang, pengaturan setirnya hanya tilt saja belum teleskopik.

Lingkar kemudi dibalut bahan semi-leather mantap digenggam. Pada bagian muka kanan dan kiri setir juga lengkap dengan tombol, untuk mengatur volume audio dan mengoperasikan menu di layar multi information display.

New Nissan Terra meluncur pertama di pasar ASEAN di Filipina, Senin (28/5/2018).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI New Nissan Terra meluncur pertama di pasar ASEAN di Filipina, Senin (28/5/2018).

Fitur Pendukung

Terkait urusan kursi, ada yang menarik dari SUV medium terbaru Nissan ini, karena sudah dilengkapi dengan fitur Auto Tumble. Jadi melipat kursi baris kedua, cukup menarik switch yang ada di konsol tengah antara kursi penumpang dan pengemudi.

Mekanisme ini lebih mudah, ketika ada penumpang yang ingin mengakses kursi baris ketiga untuk duduk, atau ketika penghuni bangku paling belakang akan keluar mobil.

Fitur pendukung lain untuk memberikan kenyamanan dan keistimewaan buat pengemudi, yaitu disematkannya Smart Rear View Mirror. Jadi kaca spion atas di dalam kabin ini bisa melihat objek yang ada di belakang mobil ini dengan kamera yang terpasang di pintu bekalang mobil.

Baca juga: Ada Unsur NASA pada Kabin Nissan Terra

Jadi ketika mobil dalam kondisi penuh penumpang, membuat pandangan ke belakang mobil jadi tidak terhalang.

Ketika fitur ini diaktifkan dengan menekan tombol di bagian bawah kaca spion atas, layarnya terbagi tiga bagian. Paling kanan untuk melihat objek yang ada di belakang mobil, di tengah untuk melihat posisi mobil dari sisi atas, dan paling kiri untuk menampilkan rear parking camera.

Interior New Nissan Terra.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Interior New Nissan Terra.

Bangku Penumpang

Pada bangku baris kedua, kenyamanan kursinya sama seperti baris depan dengan busa yang tebal dan empuk. Tim engineer Nissan juga ternyata menyematkan Spinal Support System pada bangku ini.

Kesejukan ruangan juga terjaga, tanpa harus berebut dengan penghuni depan karena ada ventilasi AC plus pengaturannya pada sisi atas. Menariknya, blower AC tak menyembul keluar tetapi rata dengan plafon.

Tak hanya di bagian atas, penyejuk udara buat penumpang baris kedua juga ada di konsol tengah, antara kursi penumpang dan pengemudi. Jika penumpang hanya dua, pada bagian tengah kursi baris kedua ada hand rest dan lubang untuk meletakkan botol minum.

Meski tak senyaman kursi depan dan kedua, baris ketiga masih cukup akomodatif buat penumpang dewasa dengan tinggi 170cm. Kemudian ada juga ventilasi penyejuk udara di bagian atas, jadi tak khawatir kegerahan pada kondisi suhu yang panas di luar mobil.

Soal kesan mengendarai Nissan Terra di jalan off-road maupun aspal, ikuti cerita selanjutnya.

Tombol untuk melipat secara elektrik kursi baris kedua, atau Auto Tumble.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Tombol untuk melipat secara elektrik kursi baris kedua, atau Auto Tumble.

Bangku baris ketiga New Nissan Terra.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Bangku baris ketiga New Nissan Terra.

New Nissan Terra.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI New Nissan Terra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com