Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Beli Mobil Bekas untuk Dipakai Mudik

Kompas.com - 29/05/2018, 03:32 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia yang pulang kampung menggunakan mobil pribadi masih cukup banyak. Pertimbangannya, lebih menguntungkan karena dari sisi waktu dan juga biaya lebih efisien.

Sebagai contoh, bisa mengatur waktu sesuai dengan keinginan, dan juga membawa barang bawaan lebih banyak. Lain ketika mudik pakai alat transportasi lain, otomatis harus mengikuti waktu yang telah ditetapkan, belum lagi tidak bisa membawa barang bawaan lebih banyak.

Tren yang juga sering terjadi ketika musim mudik seperti ini, yaitu meningkatkan volume permintaan mobil bekas, yang akan digunakan untuk pulang ke kampung halaman bersama keluarga tercinta.

Menurut Chief Operating Officer Mobil88 Halomoan Fischer Lumbantoruan, satu hal yang menjadi pertimbangan masyarakat, yaitu membeli mobil bekas jelang Lebaran, bisa mendapatkan unit lebih cepat, lain dengan mobil baru.

Baca juga: Mobil88 Tak Kecipratan Taksi Online

"Kalau mobil bekas, prosesnya cepat tidak perlu mengurus surat-surat ke kepolisian, dan langsung bisa dipakai untuk mudik," ujar Fischer dalam acara Kiat Memilih Kendaraan Mudik Bebas Masalah, yang diselenggarakan Mobil88 bersama Kompas.com di kawasan Jakarta Selatan, Senin (28/5/2018).

Fische melanjutkan, namun ketika membeli mobil bekas apalagi menjelang hari Lebaran, harus ekstra hati-hati. Sebab, tidak bisa dipungkiri banyak pedagang yang menjual unit dengan kondisi kurang bagus.

Acara Mobil88 dengan KOMPAS.com KOMPAS.com / Aditya Maulana Acara Mobil88 dengan KOMPAS.com

"Oleh sebab itu harus lebih teliti lagi, dan juga membeli di tempat yang terpercaya seperti Mobil88, yang sudah berpengalaman dalam menjual mobil bekas," kata Fischer.

Sementara itu, Rally Marina yang ikut mengisi acara tersebut juga mengakui bahwa mudik menggunakan mobil pribadi juga lebih mengasyikan, tetapi dia juga menyarankan agar tetap berhati-hati di jalan.

Bahkan, kata dia buat yang ingin membeli mobil bekas juga harus waspada dengan kondisi unit. Dia pernah punya pengalaman buruk ketika membeli mobil bekas waktu itu.

Rally yang juga sebagai pebalap mobil itu bercerita bahwa dulu tergiur dengan mobil yang mau dibeli hanya dilihat dari tampilan, tetapi aslinya mesin dan lain sebagainya kurang bagus.

"Jangan sampai seperti beli kucing dalam karung. Jari percayakan saja semuanya kepada Mobil88," ucap Rally di tempat sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com