Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggunaan Platform Baru, All New Ertiga Lebih Ringan dari Model Lama

Kompas.com - 28/04/2018, 10:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Ertiga hadir dengan beberapa perubahan dari model sebelumnya. Salah satunya adalah penggunaan platform HEARTECT terbaru.

Suzuki mengungkapkan penggunaan platform ini memberikan beberapa keuntungan pada Ertiga terbaru. Salah satunya adalah bobot yang lebih ringan.

"Pada dasarnya kami melakukan konfigurasi terhadap sambungan plat dari yang sebelumnya berbentuk kotak menjadi semi segitia. Penggunaan baja yang lebih sedikit dan sambungannya juga lebih sedikit. Itu membuat platform ini lebih rigid dan ringan," ucap Head of 4W Brand Development &Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel di IIMS 2018 beberapa waktu lalu.

Harold mengungkapkan secara teori setiap pengurangan 100 kilogram kendaraan mampu meningkatkan efisiensi sebesar 5 sampai 6 persen. All New Ertiga sendiri bobotnya kini lebih ringan 50 kilogram dari model terdahulu sekitar 3,3 persen.

Baca juga : Manakah Tipe Ertiga Terbaru yang Banyak Dipilih Konsumen?

"Ini yang membuat Ertiga terbaru lebih efisien. Hasil uji dengan BT2MP konsumsi Ertiga terbaru 18,09 kilometer per liter untuk transmisi manual. Sebelumnya 17,51 kilometer per liter. Untuk otomatis angka yang didapat adalah 16,73 kilometer per liter sedangkan untuk model terdahulu kita tidak melakukan perhitungan," ucap Harold.

Berkat penggunaan platform baru ini, Ertiga terbaru juga menjadi lebih panjang 130 mm. Ini berdampak pada ukuran kabin yang lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com