Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2018, 18:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Baik karburator maupun injeksi pada sepeda motor memiliki fungsi yang sama, yakni menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran. Namun ada perbedaan pada sistem kerja keduanya. Perbedaan ini yang dinilai membuat injeksi punya keunggulan dibanding injeksi.

Pendapat itu dilontarkan Team Advisor Astra Motor Racing Team (ART) Benny Djati Utomo. Benny menilai karburator punya berbagai kekurangan yang sudah diatasi teknologi injeksi. Injeksi memang merupakan teknologi yang muncul belakangan dibanding karburator.

Pada sistem karburator, suplai bahan bakar ke ruang pembakaran disedot dari hasil pergerakan naik-turun piston. Menurut Benny, sistem kerja karburator sangat sensitif terhadap perubahan temperatur udara.

"Kalau karburator begitu tekanan udara berubah, temperatur berubah, kelembaban berubah, ya sudah tidak bisa diapa-apain. Karena karburator alat pasif yang tidak bisa berubah sendiri," ujar Benny saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Alat pengukur air fuel ratio (AFR) dalam ruang bakar sepeda motor injeksi.Ghulam/Otomania Alat pengukur air fuel ratio (AFR) dalam ruang bakar sepeda motor injeksi.

Menurut Benny, kekurangan karburator itu sudah tidak ditemui pada sistem injeksi. Pada sistem injeksi, proses penghisapan bensin ke ruang bakar menggunakan peranti elektronik yang berfungsi menyemprotkan bensin ke ruang pembakaran.

Sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin untuk mendapatkan hasil pembakaran yang efisien. Benny menyebut sistem kerja injeksi tidak terpengaruh terhadap perubahan temperatur udara.

"Injeksi dengan berbagai sensor yang diterapkan, bisa menyesuaikan dengan sendirinya. Jadi keunggulannya sudah begitu jauh (dibanding kerburator)," ujar Benny.

Saat ini hampir semua sepeda motor keluaran terbaru sudah mengadopsi sistem injeksi. Walaupun masih ada pabrikan yang mempertahankan karburator untuk sebagian kecil produksinya, seperti Kawasaki yang mempertahankan karburator pada W175 dan KLX150.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com