Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Daihatsu Bakal Comot Teknologi Toyota

Kompas.com - 17/03/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia tinggal menunggu waktu saja untuk menelurkan regulasi kendaraan ramah lingkungan, hybrid maupun listrik. Salah satu produsen mobil besar dalam negeri yang turut menyambut positif adalah Astra Daihatsu Motor (ADM).

Namun, ketika ditanyakan soal realisasi model apa yang dikeluarkan, mereka masih belum mau memastikannya. Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, kalau mereka tinggal mengikuti Toyota.

“Kami kan grup Toyota, dan Toyota sudah memiliki banyak model kendaran ramah lingkungan. Jadi kami tinggal ikut saja,” ujar Amelia, Kamis (15/3/2018).

“Waktu pengumuman merger 100 persen pertama kali, Daihatsu akan digunakan untuk membuat mobil compact, dan kami akan memakai teknologi Toyota dan tidak usah membuat baru, dari yang sudah ada saja. Toyota sudah membuat banyak dan tinggal ikut saja,” ujar Amelia.

Baca juga : Daihatsu Konfirmasi Kesiapan Produk Menuju Euro IV

Mobil listrik konsep Daihatsu di Tokyo Motor Show 2017.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Mobil listrik konsep Daihatsu di Tokyo Motor Show 2017.

Sebelumnya, Daihatsu sebenarnya sudah melakukan pembicaraan kepada Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perindustian, seperti dikatakan Koichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Company pada pembukaan pameran otomotif di Jepang, Tokyo Motor Show 2017, Rabu (25/10/2017).

Kala itu, Daihatsu memperkenalkan model yang mengadopsi mesin hybrid 1.200 cc, seperti DN Compagno dan DN Trec di TMS 2017. Kemudian untuk mobil listriknya, mereka menghadirkan konsep masa depan DN Pro Cargo.

Pihak Daihatsu Jepang mengonfirmasi kalau mereka akan melahirkan mobil listrik dan hybrid pada 2020, dan waktu tepatnya masih belum diinformasikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com