Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Masih Bungkam Soal Xenia Baru

Kompas.com - 16/03/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Daihatsu Xenia merupakan model veteran yang menghuni segmen low multi purpose vehicle (LMPV) sejak 2004. Andalan Daihatsu ini sudah dipasarkan dalam dua generasi dengan tampilan khas berkesan konservatif. Sekarnag, publik mungkin bertanya-tanya kapan Daihatsu akan mendatangkan Xenia generasi terbaru dengan ubahan yang mengejutkan.

Lebih lagi dengan semakin panasnya segmen LMPV ini karena kedatangan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Suzuki juga terendus untuk menghadirkan sesuatu yang baru, untuk Ertiga-nya.

Terkait hal tersebut, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, belum menetukan ubahan seperi apa yang akan diberikan untuk menyegarkan Xenia, apakah All-New, facelift atau sebagainya. Pastinya dirinya menjawab kalau tahun ini, Daihatsu masih belum memperkenalkan Xenia.

“Belum ada, yang pasti dilihat dari jadwalnya, ada yang refreshment ada yang full model change, belum bisa sekarang belum ditentukan,” kata Amelia, Kamis (16/3/2018).

Baca juga : Minat Tukar Xenia dengan BMW, Begini Caranya

LMPV Januari-Februari 2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI LMPV Januari-Februari 2018 (diolah dari data Gaikindo).

Memang secara kasat mata, langkah yang diambil Daihatsu ada benarnya. Pasalnya tahun ini tak bisa dipungkiri bakal jadi tahunnnya Xpander, perhatian publik masih mengarah pada model besutan Mitsubishi tersebut.

Taruhannya cukup besar, ketika Daihatsu menghadirkan Xenia terbaru tahun ini saat kompetitor sedang kuat-kuatnya. Beruntung kalau produk yang diperkenalkan bisa mencuri pasar, tapi kalau ternyata masih belum kompetitif, rugi tentunya.

Akan lebih baik jika sabar sedikit menunggu momen yang tepat, terutama ketiga grafik pesaing mulai melandai dan perhatian publik mulai memudar. Menarik untuk ditunggu terobosan-terobosan yang dilakukan pabrikan Jepang ini.

“Namanya takut wajar namanya kompetisi, yang bisa kami lakukan adalah mengeluarkan Terios, kami maksimalkan ikut,” ujar Amelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com