Ada Politisasi pada Kunjungan Jokowi ke Sirkuit Sentul?

Kompas.com - 07/03/2018, 14:22 WIB
Presiden Joko Widodo. Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo.

Jakarta, KOMPAS.com – Usai bikin heboh membeli moge kustom kini Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) masuk halaman utama media otomotif lagi selepas mengunjungi Sirkuit Internasional Sentul pada Selasa (6/3/2018). Kehadiran orang nomor satu di dalam negeri itu dianggap membuka pintu lebih lebar lagi agar Indonesia menggelar MotoGP.

Walau banyak yang menganggap dukungan Jokowi positif, namun ada juga yang berpendapat kegiatan itu hanya bagian dari langkah strategis menjelang Pemilihan Umum Presiden pada 2019.

Fans MotoGP sangat besar di Indonesia dan di antara semua negara di dunia, penjualan tertinggi sepeda motor merek Honda dan Yamaha ada di Indonesia. Sebagian besar orang yang terlibat pada area itu mungkin saja dianggap pemilih aktif yang bisa berkontribusi.

Marc dan Dani saat menyapa dari dekat penggemarnya.Ghulam/Otomania Marc dan Dani saat menyapa dari dekat penggemarnya.

Baca: Sirkuit Sentul Gelar MotoGP 2020

Pihak Sirkuit Internasional Sentul mengakui kehadiran Jokowi memberikan dukungan moral buat internal dan investor untuk MotoGP. Walau ada rasa skeptis karena nuansa politik, pihak Sirkuit Internasional Sentul tetap berusaha netral.

“Saya di sini orang profesional, saya tidak melihat ke sana. Saya atlet, yang saya mau bagaimana caranya Sirkuit Sentul tetap eksis, Indonesia bisa menggelar MotoGP yang menghadirkan sesuatu hiburan untuk orang Indonesia,” kata Direktur Sirkuit Internasional Sentul Ananda Mikola saat dihubungi KOMPAS.com, Rabu (7/3/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ananda bukan kompetensinya mengomentari bila ada orang berpendapat soal politisasi kunjungan Jokowi. Dia mengatakan pihaknya antusias karena disambangi Presiden yang memberi dukungan menggelar MotoGP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.