Chevrolet Indonesia Lebih Doyan Jual Mobil Matik

Kompas.com - 02/03/2018, 13:45 WIB
Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax. Kompas.com/Alsadad RudiSistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - General Motors (GM) Indonesia tercatat memiliki enam model Chevrolet yang dijual di Indonesia. Dari keenamnya, tercatat hanya Colorado yang memiliki pilihan transmisi manual. Namun tidak demikian dengan lima produk lainnya.

Dari lima produk lainnya, tercatat ada beberapa yang menawaran dua varian kepada konsumen, yakni LT dan Premier/LTZ. Namun perbedaan LT dan Premier/LTZ hanya ada pada kelengkapan fitur. Kedua varian tetap bertransmisi matik dan tidak ada pilihan manual.

External Affairs and Communication Director GM Indonesia, Yuniadi Haksono Hartono menyatakan nyaris tidak adanya pilihan mobil manual di line-up Chevrolet mengikuti selera konsumen. Menurut Yuniadi, sebagian besar konsumen Chevrolet adalah masyarakat di kota-kota besar yang lebih menyukai mobil matik.

Baca juga : Panduan Membeli Mobil Jenis SUV di Perkotaan

"Pasar terbesar kami ada di kota-kota besar yang konsumennya membutuhkan kendaraan transmisi otomotis. Jadi kita melihat porsi terbesarnya saja. Pada saat mereka menginginkan otomatis tidak kita tawarkan yang manual," kata Yuniadi di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Pesanan terus berdatangan dari jaringan pemasaran CHevrolet di AS.GM/Netcarshow Pesanan terus berdatangan dari jaringan pemasaran CHevrolet di AS.

Lima produk Chevrolet yang tidak menawarkan pilihan transmisi manual adalah jenis mobil kota (city car), multi purpose vehicle (MPV) dan sporty utility vehicle (SUV). Ketiga jenis mobil ini memang paling digemari masyarakat di perkotaan.

Berbeda halnya dengan Colorado yang berjenis pikap truk. Menurut Yuniadi, Colorado biasanya dibeli untuk kendaraan operasional bisnis ataupun digunakan di area perkebunan dan pertambangan. Karena itu hanya Colorado yang masih diberi pilihan transmisi manual.

Baca juga : Sistem Gerak Semua Roda Wajib untuk Mobil Perkebunan

"Karena kalau untuk di area perkebunan dan pertambangan, kendaraan operasional yang digunakan harus andal melalui medan-medan berat," ujar Yuniadi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X