Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Mobil Bekas Banjir Ada Untungnya

Kompas.com - 24/02/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Konsumen jika ingin membeli mobil bekas pada musim hujan seperti sekarang ini, harus lebih teliti lagi. Sebab, bisa saja mendapatkan mobil seken yang pernah terendam banjir.

Sehingga, sebelum memutuskan untuk dibeli, Anda harus melakukan pengecekan lebih mendalam seperti cek karet di bagian daun pintu, ruang mesin, hingga interior.

Namun, ada juga pembeli yang tidak masalah kalau mobil itu sudah pernah terendam banjir. Menurut Herjanto Kosasih, Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, masing-masing punya nilai plus dan negatif.

"Sudah pasti dijual dengan harga sedikit lebih murah. Itu positifnya, tetapi harus siap juga dengan masalah ke depannya," kata Herjanto kepada KOMPAS.com pekan lalu.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Motor Korban Banjir

Lanjut Herjanto yang juga sebagai pemerhati otomotif sekaligus mobil bekas, dampak mobil terendam banjir tidak langsung tetapi bisa sekitar enam bulan hingga seterusnya.

"Kalau memang sudah siap membeli mobil bekas, harus siap juga dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk komponen yang rusak karena banjir," ujar dia.

Saran Herjanto, konsumen tetap membeli mobil yang belum pernah terendam banjir. Sebab, meskipun sudah disiapkan dana untuk perbaikan dan harganya lebih murah, tetapi efek buruk di masa mendatang bisa saja lebih besar.

"Jadi sebaiknya teliti dan usahakan jangan membeli mobil yang bekas banjir. Walaupun tetap dibeli, harus lebih murah dan siapkan uang untuk biaya perbaikan nantinya," ujar Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com