Estimasi Biaya Perbaikan Motor Korban Banjir

Kompas.com - 17/02/2018, 13:39 WIB
Banjir di RW 01, Jalan Dharmawanita 1, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat pada Kamis (15/2/2018). KOMPAS.com/RIMA WAHYUNINGRUMBanjir di RW 01, Jalan Dharmawanita 1, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat pada Kamis (15/2/2018).
Penulis Alsadad Rudi
|

Depok, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir dampak dari hujan deras yang mengguyur, Kamis (15/2/2018). Banjir yang menerjang rumah-rumah warga menyebabkan terendamnya harta benda, salah satu yang biasa terkena dampak adalah sepeda motor.

Bila ketinggian rendaman air sudah mencapai posisi mesin, biasanya motor sudah sulit dihidupkan. Ada beberapa penyebab matinya mesin motor yang baru habis terendam banjir. Untuk lebih memudahkan pengecekan, pemilik disarankan langsung membawa motornya ke bengkel resmi dengan tidak menyalakan mesin. Paling ideal adalah dengan menggunakan pikap, tetapi didorong juga bisa.

Kepala Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok Memet Saputra mengatakan, kerusakan paling minim untuk motor yang terendam banjir adalah bercampurnya oli dengan air yang masuk ke bak mesin. Oli yang sudah tercampur air biasanya ditandai dengan berubahnya warna oli menjadi putih susu. Dalam kondisi ini, motor hanya perlu dikuras oli dan dilakukan proses ganti ulang oli baru sebanyak tiga kali.

"Kalau warna olinya sudah normal kembali, artinya air di bak mesin sudah benar-benar terkuras," kata Memet kepada Kompas.com.

Sejumlah sepeda motor milik warga yang baru saja habis terendam banjir yang menerjang wilayah Jakarta Timur, Selasa (5/2/2018).Kompas.com/Stanly Ravel Sejumlah sepeda motor milik warga yang baru saja habis terendam banjir yang menerjang wilayah Jakarta Timur, Selasa (5/2/2018).

Perbaikan mesin motor paling ringan dari dampak banjir ini biayanya tidak jauh berbeda dengan servis ringan. Hanya ditambah dengan biaya untuk oli baru. Jika menggunakan oli resmi, kisaran untuk biaya perbaikan yang sudah termasuk jasa mekanik sekitar Rp 300.000.

Menurut Memet, suara mesin motor biasanya akan halus kembali setelah dikuras oli sebanyak tiga kali. Bila masih kasar, maka tingkat kerusakannya sudah bukan lagi sekedar bercampurnya oli dengan air. Tapi ada komponen lain yang rusak.

Dalam kondisi ini, maka mekanik akan melakukan overhaul, yakni membongkar komponen-komponen kendaraan untuk diperiksa dengan sangat teliti, apa yang menjadi penyebab kerusakannya. Pada kerusakan di tahap lanjutan ini, komponen apa saja yang rusak tidak bisa dipastikan, harus diperiksa secara menyeluruh.

Banjir di Jalan Letjen Soeprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018) saat hujan deras mengguyur Jakarta. Twitter Banjir di Jalan Letjen Soeprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018) saat hujan deras mengguyur Jakarta.

Menurut Memet, tingkat kerusakan motor akibat banjir biasanya dipengaruhi seberapa tinggi air yang merendam motor. Sebab ketinggian air inilah yang berpengaruh ke komponen apa saja yang mengalami kerusakan. Menurut Memet, pada umumnya komponen yang mengalami kerusakan pada tahap lanjutan ini adalah komponen yang ada di bagian tengah mesin.

"Setelah bagian tengah, baru kita lihat bagian atasnya. Kalau atasnya masih aman, komponen seperti klep atau noken as tidak perlu diganti," kata Memet.

Bila ditambah dengan ongkos pengerjaan, Memet menyebut biaya paling minim untuk perbaikan motor yang rusak pada tahap lanjutan biasanya ada di kisaran Rp 1,3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.