Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Mesin CB150 Verza dengan Model Lawas

Kompas.com - 21/02/2018, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com -PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan generasi baru sport entry level, CB150 Verza. Seperti terbaca, terjadi ubahan lafal dari model sebelumnya Honda Verza, karena ada tambahan "CB150" di sana.

Selain fisiknya yang berbeda, ternyata Honda mengklaim juga melakukan sentuhan khusus pada mesinnya. Honda CB150 Verza masih menggunakan basis mesin yang sama dengan model sebelumnya, bekapasitas150 cc, 4-langkah, SOHC, silinder tunggal, dan 5-percepatan.

Meski sama, namun Honda mengklaim melakukan ubahan setingan, sehingga mempengaruhi karakter pengendalian dan handling jadi lebih baik. "Kita lakukan setingan ulang pada sistem injeksinya," ucap Large Project Leader All New Honda CB150 Verza & Honda R&D Southeast Asia Masaru Kimura di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018).

Ubahan tersebut, lanjut Kimura menjadikan putaran bawah semakin responsif dan akselerasi lebih baik dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Alasan Honda Verza 150 Pakai Identitas CB

Honda CB150 VerzaAditya Maulana - KompasOtomotif Honda CB150 Verza

Perbedaan lainnya, cara mengetahui kecepatan atau speedometer juga dibuat beda. Versi lawas perangkat pengukur kecepatan dihubungkan langsung dengan roda depan, tetapi yang baru ini diarahkan ke mesin.

"Perbedaan utamanya hanya dari segi itu saja. Sudah pasti yang baru ini lebih baik dari model sebelumnya," kata dia.

Mesin tersebut, berdasarkan data di atas kertas memiliki tenaga maksimal 13,04 PS dan torsi maksimum 12,73 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com