Timang Peluang Eclipse Cross Dijual di Indonesia

Kompas.com - 19/02/2018, 07:22 WIB

Jakarta, KOMPAS.com - Negara di wilayah Asia Tenggara, baru Singapura yang menjual Mitsubishi Eclipse Cross. Sport Utility Vehicle (SUV) itu juga sedang distudi oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), untuk dijual di Tanah Air.

Apabila nanti dijual di Indonesia, maka akan bersaing langsung dengan Honda CR-V 1.5 turbo. Secara dimensi, ukuran Eclipse Cross ini lebih besar dari Outlander Sport dan sedikit kecil apabila dibandingkan dengan Pajero Sport.

Presiden Direktur PT MMKSI Kyoya Kondo mencoba menjelaskan, untuk hitungan perencanaan produk cukup rumit. Pertimbangannya bukan hanya soal produk saja, tetapi juga tentang menentukan harga, strategi komunikasi, bahkan berapa varian yang dibawa untuk model yang sama dan perlunya penyesuaian spesifikasi.

“Jadi itu kenapa kami tidak bisa dengan mudahnya bilang produk ini cocok dengan pasar Indonesia atau tidak,” ucap Kondo akhir pekan lalu di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Lantas, apabila bisa dijual di Indonesia, apakah nanti akan bersinggungan dengan Outlander Sport atau Pajero Sport?

Baca juga: Mitsubishi Eclipse Cross, Hati-hati Honda CR-V

Menurut Kondo, apabila dilihat dari ukuran dan kelas, seharusnya berbeda. “Kalau dibanding Outlander Sport ini lebih besar dan tinggi, beberapa jurnalis Indonesia juga sudah pernah mencoba ketika di Jepang beberapa waktu lalu,” kata Kondo.

Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang.MMC Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang.

SUV yang sudah dijual di Singapura itu dibekali mesin MIVEC 4B40 berkapasitas 1,5 liter turbocharged empat silinder. Data di atas kertas mampu menghasilkan tenaga 163 PS pada 5.500 rpm dan torsi 250 Nm dari 1.800 sampai 4.500 rpm, dengan transmisi otomatis INVECS III CVT 8-percepatan.

Pilihan lain, merek asal Jepang itu menyediakan mesin diesel 2.200 cc turbo commonrail dengan transmisi otomatis non-CVT 8-percepatan.

Nanti apabila PT MMKSI jadi memasarkan Eclipse Cross, maka dipastikan akan menantang Honda CR-V 1.5 Turbo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.