Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etios Kandas, Toyota Andalkan Agya dan Yaris

Kompas.com - 05/02/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com – Setelah menyimpan rahasianya cukup lama, Toyota Indonesia akhirnya mengakui sudah tak lagi memproduksi hatchback-nya Etios Valco sejak Oktober 2017. Meski begitu, kabar ini sudah tercium sejak 2016 lalu.

Mobil yang bertarung di segmen mobil kota (city car) dengan Suzuki Ignis, Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan Nissan March ini, merupakan satu-satunya utusan Toyota di segmen mobil kota (berdasarkan data Gaikindo). Artinya, produsen nomor satu di Indonesia ini tak lagi punya wakil di kategori tersebut.

Ketika ditanyakan kepada Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), dirinya tampak tak menghawatirkannya. Dirinya menyebut, mereka masih memiliki dua jagoan hatchback lain seperti Agya dan Yaris.

Baca juga : Stok Toyota Etios Valco di Diler Sudah Kosong

Toyota Agya di GIIAS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Toyota Agya di GIIAS 2017.

“Di segmen hatchback, Toyota memiliki dua produk yaitu Agya di segmen entry hatchback dan Yaris di segmen medium hatchback,” ujar Soerjopranoto kepada KOMPAS.com, Jumat (2/2/2018).

“Saat ini, kami punya produk yang mengisi segmen hatchback, sehingga Toyota tidak akan mengalami kekosongan di segmen ini. Terlebih lagi, pilihan engine yang ditawarkan juga cukup beragam di hatchback yaitu 1.0L, 1.2L, dan 1.5L sehingga masyarakat semakin memiliki beragam pilihan,” tutur Soerjopranoto.

Etios Valco sendiri pertama kali diproduksi di Indonesia pada 2013 di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Pada tahun pertamanya di Indonesia, Etios membukukan wholesales sampai 12.747 unit, atau tertinggi sepanjang hidup di pasar otomotif dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com