Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Toyota Etios Valco di Diler Sudah Kosong

Kompas.com - 02/02/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah tidak memproduksi Etios Valco sejak Oktober 2017. Sepanjang berkiprah di Tanah Air pada 2013 hingga 2017, mobil kota alias city car jagoan Toyota itu membukukan penjualan (wholesales) 32.530 unit.

Sepanjang November 2017 hanya terjual dua unit, dan Desember tahun lalu, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tidak ada aktivitas pengiriman dari pabrik ke diler.

Namun menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), unit yang tersisa tidak banyak atau kurang lebih hanya sekitar 30 unit dan tersebar di diler Toyota di Indonesia.

Ketika KompasOtomotif menghubungi beberapa diler Toyota di kawasan DKI Jakarta, semua mengatakan tidak punya stok Etios Valco. Alasan utama, sudah menipis dan tidak ada permintaan dari konsumen sejak tahun lalu.

Baca juga: ?Sayonara?, Toyota Indonesia Akui Stop Produksi Etios

"Sudah tidak diproduksi lagi, jadi kami tidak punya unit," kata salah satu tenaga penjual diler Toyota di Jakarta Selatan yang identitasnya Kompas.com rahasiakan.

Tenaga penjual diler Toyota lain, bahkan ada yang menawarkan membeli bekas. Tetapi, tergantung kesediaan unit sebab peminatnya juga tidak begitu besar.

"Model yang bekas juga kita ambil dari hasil yang tukar tambah. Tetapi harus dicek dulu, yang jelas kalau yang baru sudah tidak ada lagi," kata pramuniaga itu.

Etios Valco yang dijual di Indonesia hanya tersedia satu pilihan transmisi dan mesin, yaitu manual dengan jantung pacu bensin 1.2-liter. Harga yang ditawarkan mulai Rp 151 juta hingga Rp 178,3 juta on the road DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com