Stok Toyota Etios Valco di Diler Sudah Kosong

Kompas.com - 02/02/2018, 07:02 WIB
Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016). Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KOMPAS.com - Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN) sudah tidak memproduksi Etios Valco sejak Oktober 2017. Sepanjang berkiprah di Tanah Air pada 2013 hingga 2017, mobil kota alias city car jagoan Toyota itu membukukan penjualan (wholesales) 32.530 unit.

Sepanjang November 2017 hanya terjual dua unit, dan Desember tahun lalu, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tidak ada aktivitas pengiriman dari pabrik ke diler.

Namun menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), unit yang tersisa tidak banyak atau kurang lebih hanya sekitar 30 unit dan tersebar di diler Toyota di Indonesia.

Ketika KompasOtomotif menghubungi beberapa diler Toyota di kawasan DKI Jakarta, semua mengatakan tidak punya stok Etios Valco. Alasan utama, sudah menipis dan tidak ada permintaan dari konsumen sejak tahun lalu.

Baca juga: ?Sayonara?, Toyota Indonesia Akui Stop Produksi Etios

"Sudah tidak diproduksi lagi, jadi kami tidak punya unit," kata salah satu tenaga penjual diler Toyota di Jakarta Selatan yang identitasnya Kompas.com rahasiakan.

Tenaga penjual diler Toyota lain, bahkan ada yang menawarkan membeli bekas. Tetapi, tergantung kesediaan unit sebab peminatnya juga tidak begitu besar.

"Model yang bekas juga kita ambil dari hasil yang tukar tambah. Tetapi harus dicek dulu, yang jelas kalau yang baru sudah tidak ada lagi," kata pramuniaga itu.

Etios Valco yang dijual di Indonesia hanya tersedia satu pilihan transmisi dan mesin, yaitu manual dengan jantung pacu bensin 1.2-liter. Harga yang ditawarkan mulai Rp 151 juta hingga Rp 178,3 juta on the road DKI Jakarta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X