Tanggapan Juara WSBK Soal Balap Motor Listrik

Kompas.com - 15/01/2018, 18:02 WIB
Juara Superbike World Championship 2015, 2016, dan 2017, Jonathan Rea, saat mengunjungi Sirkuit Sentul, Jumat (12/1/2018). Febri Ardani/KompasOtomotifJuara Superbike World Championship 2015, 2016, dan 2017, Jonathan Rea, saat mengunjungi Sirkuit Sentul, Jumat (12/1/2018).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Penyelenggara MotoGP, Dorna Sport, sudah menyatakan pada pertengahan tahun lalu bakal menambah kelas baru, yaitu motor listrik, pada 2019. Balapan motor listrik yang kemungkinan tanpa suara itu mendapat tanggapan dari juara dunia tiga kali WorldSBK, Jonathan Rea.

Jonathan mengatakan teknologi listrik bagus buat masa depan. Penerapannya sekarang juga berguna untuk sama-sama memahami teknologi itu. Bahkan dia bilang, anaknya di rumah sedang mencoba-coba mengendarai sepeda motor listrik.

“Kita harus tunggu. Tentu bagus buat masa depan, tapi balapan motor itu adalah tentang bising dan atmosfernya, sulit buat menikmati itu pada motor listrik,” kata Jonathan saat berada di Sirkuit Sentul, Bogor, Jumat (12/1/2018).

Baca: Juara Dunia Superbike Kritik Aspal Sirkuit Sentul

Energica Ego Energica Energica Ego

Kemungkinan sama seperti Formula E, “MotoGP E” juga bisa jadi balapan sunyi. Motor listrik tidak butuh knalpot karena tidak ada proses pembakaran dalam, jadi penonton di sekitar lintasan tidak memerlukan lagi penutup kuping seperti balapan MotoGP sekarang.

Dorna sudah menunjuk penyuplai untuk kelas motor listrik pada 2019, yaitu manufaktur asal Italia, Energica. Para tim bakal menggunakan motor Energica Ego yang sudah dimodifikasi. Motor itu menyelesaikan kejuaraan Isle of Man TT Zero pada musim lalu di posisi tujuh.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X