Ducati Khawatir Kehilangan Dovizioso - Kompas.com

Ducati Khawatir Kehilangan Dovizioso

Kompas.com - 08/01/2018, 08:42 WIB
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (kiri), berpose jelang seri balap GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Kamis (9/11/2017).MOTOGP.com Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (kiri), berpose jelang seri balap GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Kamis (9/11/2017).

Jakarta, KompasOtomotif – Tim pabrikan MotoGP asal Italia, Ducati, siap menghadapi "negoisasi sulit" demi mempertahankan Andrea Dovizioso untuk musim 2019. Kontrak kerja di antara mereka disebut bakal berakhir pada 2018.

Kekhawatiran itu diutarakan oleh Sporting Director Ducati Team Paolo Ciabatti, yang menyebut kalau Dovizioso kemungkinan bakal  meminta kenaikan gaji yang sama dengan pebalap papan atas MotoGP, untuk tetap berada di skuad yang sudah dibelanya sejak 2013.

Bagaimana tidak, Dovizioso sedang berada di atas awan, pasalnya dia berhasil menerobos persaingan papan atas kompetisi balap roda dua bergengsi tersebut musim 2017.  Pebalap 31 tahun tersebut memenangkan tidak kurang dari enam balapan, dan menjadi penantang kuat Marc Marquez hingga balapan terakhir.

Ciabatti menggarisbawahi, kalau preferensi Ducati adalah mempertahankan kedua pebalapnya Dovizioso dan juara tiga kali Jorge Lorenzo, yang diambil dari Yamaha dengan biaya besar, tapi tak tanpa kemenangan di 2017.

Baca juga : Tanpa Ragu, Dovizioso Kejar Gelar MotoGP 2018

Dua pebalap Ducati, Jorge Lorenzo (99) dan Andrea Dovizioso (04) di GP Valencia, Minggu (12/11/2017).motorsport.com Dua pebalap Ducati, Jorge Lorenzo (99) dan Andrea Dovizioso (04) di GP Valencia, Minggu (12/11/2017).

"Tentunya kami ingin mempertahankan kedua pebalap, tapi anggaran kami terbatas dan kami tidak bisa membelanjakan semuanya pada satu titik saja, karena harus juga memikirkan untuk sektor pengembangan," ujar Ciabatti mengutip Motorsport.com, Minggu (7/1/2017).

"Kami sadar Dovizioso mengharapkan penghargaan (gaji) yang sesuai, dengan hasil terakhirnya yang didapat. Tentu saja harus dikatakan, itu semua juga berkat pengembangan pribadi yang hebat dan usaha yang luar biasa, dan berkat Ducati juga. Enam balapan dimenangkan bukan secara tidak sengaja,” tutur Ciabatti.

Ciabatti menambahkan, dirinya mau memulai pembicaraan dengan Andrea segera mungkin, tentang masalah finansial dan teknis. Dovizioso mengharapkan gaji sesuai dengan pembalap top lainnya, dan ini disebut akan menjadi negoisasi yang sulit.

"Kami akan mulai berbicara setelah tes Sepang di akhir bulan ini," ucap Ciabatti.

Tahun lalu, Dovizioso sempat mengungkapkan bahwa dirinya telah didekati oleh tim pabrikan Honda untuk bergabung, menggantikan Pedrosa yang rumornya juga akan ke Yamaha. Namun, Honda dan Yamaha sama-sama menyangkal rumor tersebut.


EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X