Cara Ini Bisa Terhindar dari Modus Pencurian Pecahkan Kaca Mobil?

Kompas.com - 06/01/2018, 14:03 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Masyarakat khususnya pengguna mobil harus ekstra waspada ketika parkir di mal, pinggir jalan, atau tempat terbuka lainnya. Sebab, belakangan ini marak lagi modus pencurian dengan memecahkan kaca.

Kepala Unit III Subdit Resmob Ditreskrim Polda Metro Jaya Agung Wibowo, pun pernah mengimbau agar lebih berhati-hati, dan tidak menyimpan barang berharga di dalam mobil ketika sedang parkir.

Menurut informasi, salah satu cara terhindar dari modus pencurian tersebut, yaitu ketika parkir kaca samping paling tidak dibuka satu sentimeter, agar ada sirkulasi udara, dan kaca menjadi tidak mudah dipecahkan oleh pecahan busi.

Lantas, apakah cara seperti itu benar? Beberapa waktu lalu, KompasOtomotif mencoba menghubungi Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), menurut dia tidak bisa dipastikan 100 persen, sebab belum pernah mencoba langsung.

Baca juga: Perlu Tersedia Palu Pemecah Kaca di Mobil

"Mungkin sama saja seperti halnya merobekan kertas, tetapi sebelahnya tidak ada yang pegang, Mungkin, karena belum lihat dan coba langsung," kata Iwan beberapa waktu lalu.

Jadi, cara seperti itu belum bisa dipastikan kebenarannya. Menurut Iwan, tergantung juga seberapa kencang dan tajak benda yang digunakan oleh pencuri.

Alangkah baiknya, buat pemilik mobil jangan menyimpan barang berharga di dalam mobil, apalagi ketika parkir. Walaupun hanya sebentar, sebaiknya dibawa saja demi keamanan bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.