Antisipasi Modus Pencurian Pecahkan Kaca Mobil - Kompas.com

Antisipasi Modus Pencurian Pecahkan Kaca Mobil

Aditya Maulana
Kompas.com - 09/10/2017, 09:42 WIB
Polisi sedang melakukan olah tempat kejadian perkara di mobil Avanza berwarna putih milik Pendeta Yusak Holbala. Kaca mobil pecah dan uang Rp 120 juta dalam mobil raib.KOMPAS.com/Sigiranus Marutho Bere Polisi sedang melakukan olah tempat kejadian perkara di mobil Avanza berwarna putih milik Pendeta Yusak Holbala. Kaca mobil pecah dan uang Rp 120 juta dalam mobil raib.

Jakarta, KompasOtomotif - Pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil masih sering terjadi. Dalam melakukan aksinya, para pencuri menggunakan serbuk busi atau mendorong kaca samping menggunakan helm.

Dilansir laman NTMCPolri, Senin (9/10/2017) Kepala Unit III Subdit Resmob Ditreskrim Polda Metro Jaya Agung Wibowo, menyarankan agar masyarakat tidak menutup kaca secara penuh ketika parkir, guna mengantisipasi terjadinya pencurian dengan cara seperti itu.

"Kalau parkir kaca mobil dibuka paling tidak satu sentimeter, agar ada sirkulasi udara. Kalau ada sirkulasi udara, para pelaku tidak bisa memecahkan kaca dengan pecahan busi," kata Agung.

Lantas apakah benar cara seperti itu tidak bisa memecahkan kaca? Menurut Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor, dia belum pernah mencoba sehingga tidak bisa memastikan kebenarannya.

Baca juga: Lihat Separator Membahayakan, Laporkan Melalui Aplikasi Ini

Namun, jika secara logika mungkin saja bisa. Sebab, lanjut Iwan ujung kaca atas tidak ada pegangan.

"Sama halnya dengan merobekan kertas, tetapi sebelahnya tidak ada yang pegang. Mungkin, karena belum pernah coba atau lihat langsung," kata Iwan kepada KompasOtomotif belum lama ini.

Iwan melanjutkan, kondisi seperti itu tergantung juga seberapa kencang dan tajam benda yang digunakan oleh pencuri.

Cara yang paling benar, yaitu jangan menyimpan barang berharga di dalam mobil ketika parkir. Sebab, potensi terjadinya pencurian dengan modus seperti itu cukup besar.

PenulisAditya Maulana
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM