10 Kota Termacet di Dunia, Jakarta Nomor 19

Kompas.com - 21/12/2017, 07:48 WIB
Ilustrasi kemacetan di New York. AutoguideIlustrasi kemacetan di New York.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakata, KompasOtomotif – Macet sudah jadi masalah umum di kota-kota besar di dunia, apalagi kalau jumlah kendaraan yang beredar tak seimbang dengan ruas jalan yang ada, ditambah pengendara yang tidak disiplin dan mematuhi aturan lalu lintas.

Secara keseluruhan, rata-rata para pengguna kendaraan menghabiskan 32 jam di jalanan setiap tahunnnya. Dari riset yang dilakukan oleh periset Inrix Global Scorecard mengutip Autoguide.com, Rabu (20/12/2017) berhasil dikumpulkan sepuluh kota di dunia yang jalanannya punya intensitas macet yang cukup parah.

Hasil diperoleh dengan menganalisis rata-rata jam yang dihabiskan dalam kemacetan untuk 1.064 kota di 38 negara, serta persentase waktu yang dihabiskan oleh driver untuk menikmati kepadatan lalu lintas.

Beruntung, Jakarta sebagai salah satu kota tersibuk di Indonesia tak masuk di dalam 10 besar, tapi ada di posisi ke-19. Sementara Bangkok, Ibu Kota dari Thailand yang masih berada di wilayah ASEAN ada di urutan ke-11.

Baca juga : Ragam Pelanggaran Lalu Linta yang Dianggap Biasa di Jakarta

Berikut 10 besar kota termacet didunia yang diurutkan dari posisi kesepuluh.

10. Miami, Florida. Kota yang terkenal dengan kehidupan malamnya yang sangat sibuk, menjadi juru kunci sepuluh besar kota termacet di dunia, di mana pada pengendara 64,8 jam per tahun dalam kemacetan.

9. Paris, Perancis. Dalam satu tahun pengendaranya mengabiskan 65,3 jam per tahun di dalam kemacetan.

Ilustrasi macet.Autoevolution Ilustrasi macet.

8. Atlanta, Georgia. Pengemudi di kota ini harus kehilangan 70,8 jam waktu mereka per tahun untuk menghadapi padatnya lalu lintas.

7. London, Inggris, di mana rata-rata menghabiskan 73,4 jam per tahun.

6. Sao Paulo, Brasil. Kota yang kaya turis ini, pengemudi kendaraannya harus rela berlama-lama di jalan rata-rata 77,2 jam per tahun.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X