Kompas.com - 13/12/2017, 11:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAzwar Ferdian

Nusa Dua, KompasOtomotif - Pertamina kini tengah berupaya menghilangkan Pertamax Plus dari peredaran untuk kemudian menggantinya dengan Pertamax Turbo. Pertamax Plus diketahui memiliki nilai research octane number (RON) 95, sedangkan Turbo dengan 98.

Ada alasan dibalik keputusan Pertamina mengganti bahan bakar RON 95 dengan RON 98. Yakni upaya Pertamina untuk masuk ke segmen bahan bakar bagi mobil-mobil kelas atas, seperti contohnya supercar.

Mobil-mobil kelas atas diketahui tidak bisa diisi bahan bakar dengan nilai RON di bawah 98. Pertamina melihat jumlah kendaraan ini semakin meningkat. Sehingga keberadaannya dianggap sebagai pangsa pasar yang menjanjikan.

"Karena pengguna supercar yang semakin meningkat dan kebutuhan akan bahan bakar bensin beroktan tinggi, minimal 98, maka Pertamina memperkenalkan Pertamax Turbo," kata Head of Marketing Communication Pertamina Dendi Danianto melalui keterangan tertulis, Selasa (12/12/2017).

Pertamax Turbo resmi diluncurkan, harga Rp 8700.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Pertamax Turbo resmi diluncurkan, harga Rp 8700.

Menurut Dendi, Pertamax Turbo merupakan bahan bakar hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus yang kemudian dilengkapi ignition boost formula (IBF). Pertamax Plus diketahui memiliki nilai RON 95.
 
Dendi menyatakan beberapa kelebihan Pertamax Turbo adalah dapat meningkatkan kemampuan kendaran untuk bermanuver. Selain itu penggunaan bahan bakar berkualitas akan lebih menguntungkan konsumen. Karena meminimalisir kerusakan sehingga mesin jadi lebih awet

"Bahan bakar ini bisa menambah tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin. Sehingga cocok digunakan bagi kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12," kata Dendi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.