Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Honda Tak Jual CBR250RR Versi "Naked"

Kompas.com - 07/12/2017, 15:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tidak seperti para pesaing sekelasnya, Honda CBR250RR, tidak punya versi naked. Rupanya, Astra Honda Motor (AHM) belum menemukan formula yang tepat untuk menjadikan sekiranya penerus Tiger itu menjadi nyata.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda punya naked bike 1-silinder 250cc di Jepang, yaitu CB250F. Basisnya menggunakan CBR250R.

“Tetapi sayangnya, harganya mahal. Saya pernah menjelaskan, bila dibandingkan model fairing dan naked, biaya produksinya tidak berbeda signifikan. Namun yang masyarakat tahu, fairing lebih mahal sedangkan naked seharusnya lebih murah,” ucap Inuma di Buriram, Thailand, Sabtu (2/12/2017).

Jika biaya produksi kira-kira sama, namun naked dijual lebih murah seperti maunya masyarakat, maka tidak bagus buat bisnis AHM, kata Inuma. Dalam hal ini AHM juga harus berpikir tentang keberlangsungan eksistensi jangka panjang.

Honda CBR250RR versi Jepang dengan tenaga yang sudah berkurang sedikit.Indianautosblog Honda CBR250RR versi Jepang dengan tenaga yang sudah berkurang sedikit.

Di Indonesia, AHM telah memproduksi CBR250RR dengan mesin 2-silinder DOHC 250cc. Hitung-hitungan yang sama bisa berlaku jika ingin menambah produksi versi naked-nya.

Baca: Honda Indonesia Paham Banyak yang Menunggu Tiger Baru

Inuma juga kembali mengingatkan, kapasitas riset dan pengembangan AHM terbatas jadi perusahaan harus memilah model baru mana yang prioritas. Dari keterangan itu sepertinya naked CBR250RR belum masuk daftar teratas. Saat ini dijelaskan AHM sedang fokus untuk generasi baru PCX dan motor listrik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com