Ini Alasan Honda Tak Jual CBR250RR Versi "Naked"

Kompas.com - 07/12/2017, 15:42 WIB
Honda CBR250RR Neo Scrambler - Honda Dream Ride Project 2017 Stanly/KompasOtomotifHonda CBR250RR Neo Scrambler - Honda Dream Ride Project 2017
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Tidak seperti para pesaing sekelasnya, Honda CBR250RR, tidak punya versi naked. Rupanya, Astra Honda Motor (AHM) belum menemukan formula yang tepat untuk menjadikan sekiranya penerus Tiger itu menjadi nyata.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda punya naked bike 1-silinder 250cc di Jepang, yaitu CB250F. Basisnya menggunakan CBR250R.

“Tetapi sayangnya, harganya mahal. Saya pernah menjelaskan, bila dibandingkan model fairing dan naked, biaya produksinya tidak berbeda signifikan. Namun yang masyarakat tahu, fairing lebih mahal sedangkan naked seharusnya lebih murah,” ucap Inuma di Buriram, Thailand, Sabtu (2/12/2017).

Jika biaya produksi kira-kira sama, namun naked dijual lebih murah seperti maunya masyarakat, maka tidak bagus buat bisnis AHM, kata Inuma. Dalam hal ini AHM juga harus berpikir tentang keberlangsungan eksistensi jangka panjang.

Honda CBR250RR versi Jepang dengan tenaga yang sudah berkurang sedikit.Indianautosblog Honda CBR250RR versi Jepang dengan tenaga yang sudah berkurang sedikit.

Di Indonesia, AHM telah memproduksi CBR250RR dengan mesin 2-silinder DOHC 250cc. Hitung-hitungan yang sama bisa berlaku jika ingin menambah produksi versi naked-nya.

Baca: Honda Indonesia Paham Banyak yang Menunggu Tiger Baru

Inuma juga kembali mengingatkan, kapasitas riset dan pengembangan AHM terbatas jadi perusahaan harus memilah model baru mana yang prioritas. Dari keterangan itu sepertinya naked CBR250RR belum masuk daftar teratas. Saat ini dijelaskan AHM sedang fokus untuk generasi baru PCX dan motor listrik. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X