Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Indonesia Paham Banyak yang Menunggu Tiger Baru

Kompas.com - 06/12/2017, 11:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor sport touring Honda Tiger sudah berhenti diproduksi Astra Honda Motor (AHM) pada 2014 sejak dijual mulai 1994. Namun sampai sekarang, AHM belum punya model penggantinya.

Saat ini AHM punya delapan model sport namun tidak satupun sekelas Tiger. Ketujuhnya yaitu Mega Pro, CB150R Streetfire, Sonic, Verza, CRF150L, CRF250 Rally, CBR150R, dan CBR250RR.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma menyadari ada permintaan masyarakat untuk model baru Tiger atau paling tidak model baru bergenre sport touring. Salah satu konsep yang masuk akal adalah melahirkan model naked berbasis CBR250RR, namun itupun belum realistis menurut Inuma.

“Saya tahu banyak orang yang menunggu Tiger baru,” kata Inuma saat dijumpai di Buriram, Thailand, Sabtu (2/12/2017).

Honda CB300R. Honda Honda CB300R.

Di EICMA yang digelar di Italia, pada awal November lalu, Honda mendebutkan CB300R yang mengenakan desain berkonsep “Neo Sport Café”. Model bermesin 1-silinder 286cc seperti CBR300R itu rencananya dijual di Eropa.

Baca: Debut Honda CB300R, Sinyal Kebangkitan Tiger?

Bila masuk ke pasar Asia dengan mesin 1-silinder 250cc model itu dirasa bisa mengisi posisi Tiger. Namun Inuma mengatakan masih banyak hal yang perlu dipelajari tentang kemungkinan itu.

Dia mengingatkan kapasitas pusat riset dan pengembangan AHM sudah penuh, jadi kapasitas pengembangan model baru harus diprioritaskan. Selain itu AHM juga punya orientasi produksi lokal, model baru tentu harus memenuhi aspek skala ekonomi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com