Honda Indonesia Paham Banyak yang Menunggu Tiger Baru - Kompas.com

Honda Indonesia Paham Banyak yang Menunggu Tiger Baru

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 06/12/2017, 11:02 WIB
Produksi Tiger sudah dihentikan sejak awal tahun.KompasOtomotif/Honda Produksi Tiger sudah dihentikan sejak awal tahun.

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor sport touring Honda Tiger sudah berhenti diproduksi Astra Honda Motor (AHM) pada 2014 sejak dijual mulai 1994. Namun sampai sekarang, AHM belum punya model penggantinya.

Saat ini AHM punya delapan model sport namun tidak satupun sekelas Tiger. Ketujuhnya yaitu Mega Pro, CB150R Streetfire, Sonic, Verza, CRF150L, CRF250 Rally, CBR150R, dan CBR250RR.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma menyadari ada permintaan masyarakat untuk model baru Tiger atau paling tidak model baru bergenre sport touring. Salah satu konsep yang masuk akal adalah melahirkan model naked berbasis CBR250RR, namun itupun belum realistis menurut Inuma.

“Saya tahu banyak orang yang menunggu Tiger baru,” kata Inuma saat dijumpai di Buriram, Thailand, Sabtu (2/12/2017).

Honda CB300R. Honda Honda CB300R.

Di EICMA yang digelar di Italia, pada awal November lalu, Honda mendebutkan CB300R yang mengenakan desain berkonsep “Neo Sport Café”. Model bermesin 1-silinder 286cc seperti CBR300R itu rencananya dijual di Eropa.

Baca: Debut Honda CB300R, Sinyal Kebangkitan Tiger?

Bila masuk ke pasar Asia dengan mesin 1-silinder 250cc model itu dirasa bisa mengisi posisi Tiger. Namun Inuma mengatakan masih banyak hal yang perlu dipelajari tentang kemungkinan itu.

Dia mengingatkan kapasitas pusat riset dan pengembangan AHM sudah penuh, jadi kapasitas pengembangan model baru harus diprioritaskan. Selain itu AHM juga punya orientasi produksi lokal, model baru tentu harus memenuhi aspek skala ekonomi. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM