Motor Listrik Yamaha Dipakai di Dalam Pabrik Mitsubishi

Kompas.com - 01/11/2017, 16:42 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memilih bekerja sama dengan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) sebagai salah satu pihak yang menguji coba untuk pertama kalinya produk sepeda motor listrik Yamaha. Masukan dari MMKSI bakal digunakan sebagai bahan riset YIMM menuju penjualan motor listrik di dalam negeri.

Motor yang dipinjamkan yaitu skuter E-Vino yang diproduksi di Taiwan. E-Fino menggunakan platform Fino 125cc yang ada di Indonesia, namun memakai motor listrik sebagai penggerak. Sumber tenaganya berasal dari baterai lithium-ion 50V-12Ah bertenaga 1,6 PS.

Baca: Yamaha Indonesia Mulai Uji Coba Motor Listrik

HR & GA Deputy Manager MMKI Agus Chozali Abadi mengatakan, E-Vino bakal digunakan di dalam area pabrik. Kelebihannya E-Vino yaitu sunyi dan tanpa emisi gas buang dirasa aman dan bisa membantu aktivitas karyawan.

“Kami dipercayakan oleh Yamaha untuk mencoba motor listrik mereka di tempat kami. Di lingkungan pabrik penggunananya mungkin sangat efektif, jadi bisa masuk ke dalam area pabrik kami,” kata Agus, di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Di dalam pabrik, E-Vino akan dipakai di jalur lalu lintas forklift. Karyawan MMKI yang akan menggunakannya disebut dari divisi safety and health dan General Affairs. Sayangnya cuma ada satu unit yang bisa dipakai bergantian, Agus berharap YIMM bisa lebih banyak meminjamkan unit.

“Mungkin hanya satu unit dulu, enggak tahu ke depannya seperti apa. Mereka hanya ingin tahu masukan dari kami setelah menggunkan motor itu,” ucap Agus.

Selain MMKI, YIMM juga meminjamkan E-Vino kepada tiga pihak lainnya, yaitu ke Universitas Pelita Harapan, The Breeze, dan Kebun Raya Bogor. YIMM juga melakukan pengujian internal di area pabrik di Pulo Gadung. Semua pengujian dilakukan di area terbatas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.