Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Ketiga Yamaha Berupa SUV

Kompas.com - 17/10/2017, 09:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Masih ingat mobil konsep bikinan Yamaha di Tokyo Motor Show (TMS), city car Motiv, yang hadir pada 2013 dan konsep mobil sport, Sports Ride, pada 2015? Rencananya, Yamaha bakal memamerkan satu lagi mobil konsep di TMS pada tahun ini.

Sebenarnya KompasOtomotif sudah mengendus rencana Yamaha menelurkan mobil konsep ketiga saat TMS 2015. Ketika itu sudah terkuak, Yamaha ingin membangun satu model tambahan berupa SUV.

Baca: Yamaha Mau Buat SUV Kompak

Mobil prototipe terbaru dari Yamaha, Motiv, diperkenalkan di Low Carbon Vehicle Show di Millbrook, Inggris.Autocar Mobil prototipe terbaru dari Yamaha, Motiv, diperkenalkan di Low Carbon Vehicle Show di Millbrook, Inggris.

Sama seperti model lainnya, SUV itu juga dirancang menggunakan iStream. Bukan nama sasis, tetapi iStream merupakan proses desain dan pembuatan struktur kendaraan berbahan karbon yang dirancang Gordon Murray terinspirasi dari Formula One.

iStream dibuat sangat ringan dan kaku serta bisa dipasangi berbagai jenis mesin dan bodi. Belum diketahui pasti, namun kemungkinan model konsep SUV Yamaha berkapasitas 2-penumpang seperti Motiv dan Sports Ride.

Kabarnya Yamaha berencana menjadi pabrikan mobil mulai 2019. Memproduksi mobil bukan usaha pertama Yamaha, sebelumnya punya divisi pengembangan mobil yang memasok mesin generasi awal Nissan Silvia pada 1993 dan Toyota 2000 GT pada 1964.

Bukan hanya itu, Yamaha juga mengembangkan mesin DOHC V6 24 katup untuk Ford Taurus SHO 1989 0 1995, DOHC V8 32 katup untuk SHO 1996 – 1998, dan V8 4.4L Volvo XC90 dan S80. 

Sosok mobil sport Yamaha dalam wujud sebenarnya.Febri Ardani/KompasOtomotif Sosok mobil sport Yamaha dalam wujud sebenarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com