Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang.

Intip Perakitan Daihatsu Copen, Dirakit dengan Tangan

Kompas.com - 28/10/2017, 11:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Ikeda, KompasOtomotif - Memenuhi undangan Astra Daihatsu Motor (ADM) ke Jepang, tak hanya diberi kesempatan datang ke Tokyo Motor Show (TMS), tapi juga ke pabrik perakitan salah satu model andalan, Copen.

Berlokasi di Ikeda-Shi, Osaka, Jepang, bagunan gedungnya tak seperti pabrik umumnya, di mana pada bagian depan serupa layaknya kantor-kantor di kota besar. Namun ternyata, ketika masuk lagi ke dalam, ada aktivitas perakitan tahap akhir dari Copen.

Amin Hanafiah dari Daihatsu Motor Company (DMC), menjelaskan beberapa tahapan perakitan Copen. Seperti diketahui, model ini merupakan kei-car roadster dua pintu Daihatsu dengan mesin 660cc, yang harganya di Indonesia mencapai Rp 435 jutaan.

Dalam proses assembly akhir dan jalur inspeksi, Amin menyebutkan fokusnya hanya pada tiga hal utama, seperti diawali dari struktur kerangka D-Frame milik Copen yang didatangkan dari pabrik Shiga.

Baca Juga : Unik, Konsep "CLBK" Daihatsu di Jepang

Kemudian pada proses kedua adalah Dress Formation, di mana dari rangka tersebut mulai dipasangkan atau menyatukan komponen-komponen standar, seperti pemasangan atap dengan teknologi elektrik, dan bodi luar berbasis resin.

Daihatsu Copen yang tampil di Tokyo Motor (TMS) 2017.Ghulam/KompasOtomotif Daihatsu Copen yang tampil di Tokyo Motor (TMS) 2017.

Lalu dilengkapi juga dengan kap bonnet, panel fender depan, tudung bagasi, headlamp, bumper dan komponen lainnya. Sementara di bagian interiornya dipasang jok, sabuk pengaman serta karpet. Dari situ, wujud Copen sudah mulai tampak.

Baca Juga: Simak Daihatsu DN Trec, Sang Penantang Ignis

Sebelum sampai pada jalur inspeksi, mobil yang sudah terbentuk itu harus melalui cek kualitas. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan tidak ada kecacatan di semua bagian Copen, dan dilakukan terpisah atau dikenal sebagai proses self completion.

Jalur Inspeksi

Baru kemudian pada tahap terakhirnya adalah masuk ke jalur inspeksi. Pada bagian awal, pertama kali mobil dicek dahulu penampilannya, dengan meraba dan melihat dengan rinci apakah bodi Copen ada goresan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.