Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang.

Nostalgia, Daihatsu Bangkitkan “Roh” Sedan Lawas

Kompas.com - 26/10/2017, 09:42 WIB
DN Compagno di Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Ghulam/KompasOtomotifDN Compagno di Tokyo Motor Show (TMS) 2017.
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif – Masih dalam momen ulang tahunnya yang ke 110, Daihatsu coba membangkitkan kenangan lamanya, salah satunya di segmen sedan. Tampil di ajang bergengsi Tokyo Motor Show (TMS) 2017, Daihatsu hadirkan Compagno dengan konsep masa depan.

“Jadi sejak jaman dulu kami selalu mengembangkan mobil yang berguna di kehidupan dan menyenangkan dipakai. Itulah identitas Daihatsu saat itu, sekarang dan masa depan juga. Jadi untuk  mengenang simbol tersebut, kami memamerkan mobil warisan kami, tahun 1950-an dan 1960-an,” ujar Tadao Yokota, GM Brand Office Daihatsu Motor Company, Rabu (25/10/2017).

Disebut sebagai DN (Daihatsu New) Compagno, mobil yang lahir dari gen sedan lawas Daihatsu tersebut, punya tampilan unik dan futuristik, tapi tidak hilang kesan klasiknya. Menarik jika produk ini bisa diboyong ke pasar.

DN Compagno di Tokyo Motor Show (TMS) 2017.Ghulam/KompasOtomotif DN Compagno di Tokyo Motor Show (TMS) 2017.

Compagno versi lawas sudah muncul di pasaran sejak 1963 lalu. Di zamannya, model ini disebut pernah jadi model yang populer, bahkan pernah menyandang predikat car of the year, dan pernah dipakai untuk melintasi Gurun Sahara.

“Reinkarnasi model versi modern-nya, merupakan kupe empat pintu, yang mengikuti ciri khas gaya Compagno lawas. Mobil ini targetnya bukan hanya pemuda tapi juga orang tua, dan kami buat interior dan eksteriornya punya nilai tinggi,” ucap Yokota.

Baca juga : Menakar Peluang Duet Toyota-Daihatsu di Sedan Murah

Terkait urusan pilihan mesin, DN Compagno akan memiliki 1.000 cc turbo, dengan pilihan 1.200 cc hybrid. Jenin tersebut sama seperti yang digunakan pada DN Trec.

Compagno lawas di TMS 2017.Ghulam/KompasOtomotif Compagno lawas di TMS 2017.

Bangkitkan Segmen Sedan

Nampaknya cukup lama Daihatsu tak terdengar lagi menyentuh segmen sedan,  dan secara perlahan kali ini mulai digairahkan kembali, melalui model konsepnya. Selain Compagno, sedan Daihatsu yang cukup punya nama adalah Charade, dan juga populer di Indonesia.

Sebelum datang DN Compagno, konsep sedan yang dihadirkan Daihatsu adalah DN F-Sedan, yang pertama kali dipamerkan di pameran otomotif Agustus 2017 lalu. Namun pertanyaan soal sinyal-sinyal tersebut, belum ditanggapi serius oleh Daihatsu.

“Ketika kami akan mengeluarkan produk, tentunya disesuaikan dahulu dengan market dan hasil survey-nya,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra.

DN Compagno di Tokyo Motor Show (TMS) 2017.Ghulam/KompasOtomotif DN Compagno di Tokyo Motor Show (TMS) 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.