Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Honda Belum Mau "Merger" dengan Merek Lain

Kompas.com - 27/10/2017, 11:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Tren yang sedang terjadi belakangan ini di industri otomotif, yaitu melakukan aliansi atau merger. Salah satu contoh, Nissan, Renault dengan Mitsubishi, Toyota-Daihatsu, dan Fiat Chrysler Automobile (FCA) bersama General Motors (GM).

Sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka, Honda dijelaskan Takahiro Hachigo, President and Representative Director Honda Motor Co. Ltd, belum punya rencana untuk melakukan hal seperti itu.

"Kami tidak ada rencana untuk membeli ataupun menjual saham Honda," ucap Hachigo dalam sesi wawancara khusus dengan beberapa jurnalis dari Indonesia, Vietnam, dan Pakistan, termasuk KompasOtomotif di Tokyo, Jepang, Kamis (26/10/2017).

Hachigo melanjutkan, yang dilakukan Honda hanya bekerjasama dengan produsen di luar otomotif, seperti Hitachi dalam mengembangkan motor listrik. Bahkan, turut membuat penyimpanan hidrogen dengan General Motors (GM).

Honda Clarity Fuel CellAditya Maulana - KompasOtomotif Honda Clarity Fuel Cell

Baca juga: Ini Dia Honda PCX Generasi Terbaru, Penantang Serius NMAX

"Selama ada keuntungan, terutama dalam hal membuat komponen akan kami lakukan. Namun, untuk merger kami belum punya rencana sampai ke sana," ujar pria asal Jepang itu.

Produsen yang melakukan merger biasanya bekerjasama dalam mengembangkan produk atau komponen. Misal, satu model yang diproduksi oleh merek A bisa digunakan juga oleh B, karena sudah bergabung.

Cara seperti itu dianggap oleh beberapa produsen otomotif jauh lebih menguntungkan, terutama mengenai efisiensi biaya produksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com