Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Honda Belum Mau "Merger" dengan Merek Lain

Kompas.com - 27/10/2017, 11:42 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif - Tren yang sedang terjadi belakangan ini di industri otomotif, yaitu melakukan aliansi atau merger. Salah satu contoh, Nissan, Renault dengan Mitsubishi, Toyota-Daihatsu, dan Fiat Chrysler Automobile (FCA) bersama General Motors (GM).

Sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka, Honda dijelaskan Takahiro Hachigo, President and Representative Director Honda Motor Co. Ltd, belum punya rencana untuk melakukan hal seperti itu.

"Kami tidak ada rencana untuk membeli ataupun menjual saham Honda," ucap Hachigo dalam sesi wawancara khusus dengan beberapa jurnalis dari Indonesia, Vietnam, dan Pakistan, termasuk KompasOtomotif di Tokyo, Jepang, Kamis (26/10/2017).

Hachigo melanjutkan, yang dilakukan Honda hanya bekerjasama dengan produsen di luar otomotif, seperti Hitachi dalam mengembangkan motor listrik. Bahkan, turut membuat penyimpanan hidrogen dengan General Motors (GM).

Honda Clarity Fuel CellAditya Maulana - KompasOtomotif Honda Clarity Fuel Cell

Baca juga: Ini Dia Honda PCX Generasi Terbaru, Penantang Serius NMAX

"Selama ada keuntungan, terutama dalam hal membuat komponen akan kami lakukan. Namun, untuk merger kami belum punya rencana sampai ke sana," ujar pria asal Jepang itu.

Produsen yang melakukan merger biasanya bekerjasama dalam mengembangkan produk atau komponen. Misal, satu model yang diproduksi oleh merek A bisa digunakan juga oleh B, karena sudah bergabung.

Cara seperti itu dianggap oleh beberapa produsen otomotif jauh lebih menguntungkan, terutama mengenai efisiensi biaya produksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.