Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang.

Daihatsu Lobi Pemerintah Indonesia Soal Mobil Listrik

Kompas.com - 26/10/2017, 14:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif – Tidak mau kehilangan momen, merek asal Jepang Daihatsu, mulai membuka diri, kalau mereka sudah melakukan perbincangan kepada pemerintah terkait dengan kendaraan ramah lingkungan, listrik maupun hybrid.

Memang, soal regulasi kendaraan listrik, pemerintah Indonesia saat ini sedang menyusun draft Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Untuk Transportasi Jalan, yang sedang menunggu waktu untuk diundangkan. Ini jadi sinyal kalau Indonesia sudah siap masuk era kendaraan listrik.

“Terkait dengan pasar Indonesia, mobil hibrida dan listrik mungkin saja, karena Daihatsu sudah berbicara dengan Menteri Perindustrian (Airlangga Hartarto). Beliau juga pikir, kalau pasar Indonesia harus ada mobil hibrida dan listrik juga, jadi tentu saja kami juga punya pandangan sama,” ucap Koichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Company, Rabu (25/10/2017).

Baca juga : Jualan Mobil, Daihatsu Berharap Banyak dari “Leasing”

Mobil konsep Daihatsu DN Trec di Tokyo Motor Show 2017Ghulam Nayazri/KompasOtomotif Mobil konsep Daihatsu DN Trec di Tokyo Motor Show 2017

Namun kata Okudaira, harga mobil listrik masih lebih tinggi dibanding yang konvensional. Jadi kami akan membuat mobil listrik, dan berupaya untuk menghasilkan produk dengan harga terjangkau juga.

Ketika ditanya apakah Daihatsu meminta insentif kepada Menperin, agar mobil listrik mereka bisa bersaing di Indonesia, mereka menampiknya. Okudaira menjawab, belum ada pembicaraan ke arah sana.

“Kalaupun jika kami memiliki permintaan, kami mengharapkan adanya infrastruktur. Karena mobil listrik sendiri memerlukan stasiun pengisian juga. Jadi untuk pemerintah Indonesia, tentu infrastrukturnya harus ada dahulu,” ucap Okudaira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.