Sensasi “Geber” Wuling Confero di Ubud

Kompas.com - 19/10/2017, 14:02 WIB
Wuling Confero S. Ghulam/KompasOtomotifWuling Confero S.

Bali, KompasOtomotif – Curhat soal baris ketiga dan kabin di bangku pengemudi sudah, kini giliran cerita sedikit soal performa berkendara Wuling Confero S. Memang tidak begitu jauh jarak yang ditempuh redaksi KompasOtomotif, karena maklum harus bergantian dengan teman media lain.

Kabin Confero S dengan konfigurasi kursi captain seat, diisi oleh empat penghuni termasuk pengemudi. Cukuplah sebagai simulasi keluarga kecil, suami dan istri, ditambah dengan dua anak.  Jarak yang ditempuh kali ini hanya sekitar 52-an kilometer dari Desa Visesa sampai ke Puri Taman Sari, Ubud, Bali, di mana trek yang diarungi punya kontur berkelok naik turun.

Setelah menyetel posisi duduk dan adaptasi sejenak, dengan kunci kontak sudah di posisi on, mobil China ini sudah siap digeber. Injak kopling, masuk gigi satu (maklum manual) lepaskan perlahan dengan mengurut gas, mobil mulai berjalan perlahan. Pandangan ke arah depan kanan dan kiri ketika mengemudi juga cukup baik, tanpa terganggu oleh pilar A.

Baca juga: Mudah Beradaptasi di Kokpit Wuling Confero

Wuling Confero S adakan test drive.Istimewa Wuling Confero S adakan test drive.

Performanya

Menyontek data teknis, Confero S mengadopsi mesin 1.5L empat silinder In-Line DOHC, D-VVT dan sanggup mengeluarkan tenaga sampai 107 tk @5.800rpm dan torsi 142 Nm @3.800-4.400rpm. Sementara transmisinya manual 5-percepatan.

Pada kondisi trek test drive di Bali, dengan jalan naik turun dan meliuk-liuk, memang tenaga mobil kurang bisa dirasakan maksimal, tapi tidak untuk torsi. Kemampuan Confero di awal-awal atau pada putaran bawah tidak begitu lemah atau juga galak, dan cukup saja.

Sempat berhenti di tengah jalan beraspal yang menanjak cukup curam, mesin mobil tidak begitu butuh effort lebih untuk melanjutkan pendakian, dengan penumpang di dalam mobil terisi empat orang plus koper dan barang-barang. Mengemudi juga jadi percara diri, karena performanya cukup mumpuni.

Soal transmisi manual Confero memang tidak begitu halus, tapi tak sampai pada taraf mengganggu. Paling tidak sudah lebih baik dibanding dengan pengujian pertama kali di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, sebelum peluncuran resmi Confero S.

Baca juga: Rasanya Kursi Baris Tiga Wuling Confero, Bikin ?Nyenyak?

Wuling Confero. Istimewa Wuling Confero.

Terkait “Handling”

Sedikit bercerita soal handling yang dimiliki Confero, mulai dari sisi kemudi yang berteknologi electronic power steering (EPS), rasanya bisa dikatakan enteng. Mungkin, ketika menerabas jalan berkelok, rasanya itu tidak menjadi masalah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X