Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Mau Gelar Formula E, Lokasinya di Mana?

Kompas.com - 05/10/2017, 18:08 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ikatan Motor Indonesia (IMI) sudah mengumbar wacana menggelar Formula E. Kira-kira di mana lokasi ajang balap internasional itu bakal digelar?

Sektretasis Jendral IMI Jeffrey JP mengatkan promotor Formula E menginginkan adu kebut mobil listrik itu digelar di Ibu Kota negara dengan tipe sirkuit jalan raya. Sejalan dengan itu, ide awal IMI menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah.

“Kalau F1 itu kan kita harus membangun sirkuit dulu, nah kalau Formula E itu balapan jalan raya. Mereka minta Jakarta, itu yang mesti kita pikirkan,” ucap Jeffrey saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (5/10/2017).

Baca: Indonesia Mau Gelar Formula E

Selain Jakarta, sebenarnya lokasi lain yang bisa cocok menggelar Formula E adalah sirkuit di kawasan BSD City, Tangerang. Sirkuit non-permanen sepanjang sekitar 3 km bersertifikasi FIA Grade 3 itu sudah pernah menjadi lokasi alternatif balapan di Sirkuit Sentul pada Agustus lalu.

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, saat menjalani tes pramusim Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (3/10/2017).LAT IMAGES/MOTORSPORT.COM Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, saat menjalani tes pramusim Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (3/10/2017).

Kendati sudah ada opsi, Jeffrey mengatakan pembahasan tentang itu akan dikaji nanti. Kata dia, promotor Formula E lebih memilih penyelenggaraannya dilakukan di Ibu Kota negara menyesuaikan konsep balapan ramah lingkungan.

Menurut Jeffrey, pihak IMI akan membicarakan wacana Formula E di Jakarta dengan pemerintah daerah Jakarta setelah Gubernur terpilih resmi bekerja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com