Indonesia Mau Gelar Formula E, Lokasinya di Mana?

Kompas.com - 05/10/2017, 18:08 WIB
Kosongnya Jalan Jendral Sudirman di Lebaran pertama Stanly/OtomaniaKosongnya Jalan Jendral Sudirman di Lebaran pertama
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Ikatan Motor Indonesia (IMI) sudah mengumbar wacana menggelar Formula E. Kira-kira di mana lokasi ajang balap internasional itu bakal digelar?

Sektretasis Jendral IMI Jeffrey JP mengatkan promotor Formula E menginginkan adu kebut mobil listrik itu digelar di Ibu Kota negara dengan tipe sirkuit jalan raya. Sejalan dengan itu, ide awal IMI menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah.

“Kalau F1 itu kan kita harus membangun sirkuit dulu, nah kalau Formula E itu balapan jalan raya. Mereka minta Jakarta, itu yang mesti kita pikirkan,” ucap Jeffrey saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (5/10/2017).

Baca: Indonesia Mau Gelar Formula E

Selain Jakarta, sebenarnya lokasi lain yang bisa cocok menggelar Formula E adalah sirkuit di kawasan BSD City, Tangerang. Sirkuit non-permanen sepanjang sekitar 3 km bersertifikasi FIA Grade 3 itu sudah pernah menjadi lokasi alternatif balapan di Sirkuit Sentul pada Agustus lalu.

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, saat menjalani tes pramusim Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (3/10/2017).LAT IMAGES/MOTORSPORT.COM Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, saat menjalani tes pramusim Formula E di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (3/10/2017).

Kendati sudah ada opsi, Jeffrey mengatakan pembahasan tentang itu akan dikaji nanti. Kata dia, promotor Formula E lebih memilih penyelenggaraannya dilakukan di Ibu Kota negara menyesuaikan konsep balapan ramah lingkungan.

Menurut Jeffrey, pihak IMI akan membicarakan wacana Formula E di Jakarta dengan pemerintah daerah Jakarta setelah Gubernur terpilih resmi bekerja. 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X