Kompas.com - 04/10/2017, 18:25 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - PT Wahana Makmur Sejati (WMS) sebagai Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, memberikan bekal tentang safety riding kepada anggota Asosiasi Honda Jakarta (AHJ). Pelajaran yang diberikan tentang basic life support dan cara aman berkendara jarak jauh.

Pelatihan ini sangat penting diberikan kepada anggota komunitas Honda yang ‘kecanduan’ melakukan perjalanan jauh pakai motor, khususnya yang ingin menuju Honda Bikers Day 2017 di Lapangan Udara Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pelatihan basic life support yang diberikan, seperti Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

"Tidak menutup kemungkinan, perjalanan jauh pakai motor rentan dengan kecelakaan baik yang disebabkan oleh diri sendiri ataupun kondisi di jalan," ujar PIC Community Development Wahana Agus Sigit dalam keterangan resmi, Rabu (4/10/2017).

Baca juga: AHM Tebar Virus "Safety Riding" ke Dunia Maya

Sigit juga menjelaskan, tentang bagaimana langkah awal dalam antisipasi ketika terjadi kecelakaan di jalan raya. "Meski terdengar ringan, namun pengetahuan ini dipastikan dapat menjadi penyelamat pada saat gawat darurat kecelakaan di jalan raya," ucap dia.

Head Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani juga memberikan perhatian terhadap sosialisasi berkendara aman kepada komunitas sepeda motor. Menurutnya banyak hal menyangkut safety riding kepada kelompok yang hobi berkendara jauh dengan sepeda motor.

"Tidak hanya kemampuan di atas motor, anggota komunitas juga wajib memahami prosedur berkendara aman yang lain," kata Agus Sani.

Menurutnya, selain kemampuan berkendara, diperlukan juga penggunaan pakaian berkendara (riding gear) yang aman dan mengecek kondisi motor secara teliti sebelum turing. Ketiga hal tersebut juga masih perlu ditunjang dengan kondisi badan yang fit agar perjalanan bisa makin aman.

"Riding gear dan kondisi kendaraan, seluruh persiapan turing harus di dukung dengan kondisi pengendara yang sehat," ujar Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.