Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar "Safety Riding" Sebelum Touring

Kompas.com - 04/10/2017, 18:25 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Wahana Makmur Sejati (WMS) sebagai Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, memberikan bekal tentang safety riding kepada anggota Asosiasi Honda Jakarta (AHJ). Pelajaran yang diberikan tentang basic life support dan cara aman berkendara jarak jauh.

Pelatihan ini sangat penting diberikan kepada anggota komunitas Honda yang ‘kecanduan’ melakukan perjalanan jauh pakai motor, khususnya yang ingin menuju Honda Bikers Day 2017 di Lapangan Udara Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pelatihan basic life support yang diberikan, seperti Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

"Tidak menutup kemungkinan, perjalanan jauh pakai motor rentan dengan kecelakaan baik yang disebabkan oleh diri sendiri ataupun kondisi di jalan," ujar PIC Community Development Wahana Agus Sigit dalam keterangan resmi, Rabu (4/10/2017).

Baca juga: AHM Tebar Virus "Safety Riding" ke Dunia Maya

Sigit juga menjelaskan, tentang bagaimana langkah awal dalam antisipasi ketika terjadi kecelakaan di jalan raya. "Meski terdengar ringan, namun pengetahuan ini dipastikan dapat menjadi penyelamat pada saat gawat darurat kecelakaan di jalan raya," ucap dia.

Head Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani juga memberikan perhatian terhadap sosialisasi berkendara aman kepada komunitas sepeda motor. Menurutnya banyak hal menyangkut safety riding kepada kelompok yang hobi berkendara jauh dengan sepeda motor.

"Tidak hanya kemampuan di atas motor, anggota komunitas juga wajib memahami prosedur berkendara aman yang lain," kata Agus Sani.

Menurutnya, selain kemampuan berkendara, diperlukan juga penggunaan pakaian berkendara (riding gear) yang aman dan mengecek kondisi motor secara teliti sebelum turing. Ketiga hal tersebut juga masih perlu ditunjang dengan kondisi badan yang fit agar perjalanan bisa makin aman.

"Riding gear dan kondisi kendaraan, seluruh persiapan turing harus di dukung dengan kondisi pengendara yang sehat," ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com