Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Normalkah Ada Tetesan Air AC dari Kolong Mobil?

Kompas.com - 03/10/2017, 14:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Saat mobil berhenti setelah melakukan perjalanan, kerap terdapat air menetes dari kolong mobil. Ketika dicek, ternyata berasal dari lubang pembuangan AC. Jangan galau, karena ini normal.

Seperti kinerja alat pendingin apa pun, proses kondensasi akan menghasilkan embun yang lama-lama akan berkumpul dan menetes dalam satu saluran. Begitu juga dengan AC mobil yang sudah pasti akan ada tetesan air ketika AC terus bekerja.

”Normal dan bagus kalau terjadi demikian (air AC menetes dari kolong mobil). Sebaliknya kalau nggak ada tetesan air di pembuangan AC, maka sistem pendingin kabin tidak normal, atau pertanda AC tidak dingin,” kata Rusdi Sopandi, manajer mekanik misterbrum.id kepada KompasOtomotif, (2/9/2017).

Baca: Air Menetes dari Kolong Mobil, Gejala Apa?

Dengan kata lain, pemilik mobil wajib mengecek lebih lanjut jika tidak ada air AC yang menetes. Rusdi yang juga pemilik bengkel Fendryss di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, menegaskan bahwa ada banyak penyebab yang membuat hal tersebut terjadi.

Kemungkinan pertama, saluran pembuangan air AC mobil mampet atau dihuni banyak kotoran. Saat saluran pembuangan ini tersumbat, air hasil kondensasi akan berkumpul dan jika ini dibiarkan, siap-siap terjadi kebocoran di beberapa titik karena air akan terus mencari jalan keluar.

Tersangka lainnya, AC dalam keadaan tidak dingin, atau hanya hembusan angin saja. AC tidak dingin, artinya tak ada proses kondensasi pada pipa-pipa. Air hasil embun kondensasi itu pun tidak pernah muncul, atau cepat kering.

Kalau sudah begini, cek semua bagian, mulai dari kondisi freaon, kebocoran sistem, kompresor lemah atau rusak. Atau juga bisa karena kondesor bocor/ mampet, atau hose saluran AC bocor/ korosi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com