Kompas.com - 16/09/2017, 15:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Sampai Agustus 2017, Suzuki Ignis masih memimpin segmen mobil kota. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2017 Ignis sudah terjual 8.280 unit dengan perolehan market share 38 persen.

Jumlah tersebut menumbangkan dominasi Honda Brio yang selama ini selalu menempati posisi teratas segmen city car. Kini Brio hanya berada di urutan kedua dengan market share 36 persen dan total penjualan sepanjang 2017 sebesar 7.920 unit.

Meski Ignis bertahan di posisi teratas, tapi pada Agustus, Brio berhasil menyalip penjualan Ignis dengan jumlah 1.606 unit. Sementara Ignis hanya mengantongi 1.178 unit.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W Donny Saputra, sebelumnya sudah mengatakan bahwa dengan banyak peluncuran produk baru saat pameran otomotif di Agustus cukup wajar bila sedikit turun.

Baca : Honda Jazz Kuasai Separuh Pasar "Hatchback"

"Banyak produk baru saat pameran kemarin, tapi so far tren Ignis masih cukup baik, bahkan beberapa model juga inden, artinya tidak terlalu berdampak. Dalam beberapa bulan Ignis bisa langsung jadi market leader ini prestasi," ucap Donny saat berbincang dengan KompasOtomotif, Sabtu (16/9/2017).

Donny mengatakan dalam sisa waktu empat bulan terakhir di 2017, SIS menargetkan penjualan keseluruhan Ignis bisa mencapai 15.000 unit.

"Sampai Desember masih bisa kita tambah hingga 7.000-an unit, jadi total sekitar 15.000 di 2017 ini," kata Donny.

Penjualan City Car Agustus 2017 Penjualan City Car Agustus 2017

Urutan ketiga, ditempati Nissan March dengan penjualan sebanyak 158 unit dan total dari Januari hingga Agustus sebesar 1.785 unit. Kemudian disusul oleh Mitsubishi Mirage dengan akumulasi penjualan 1.445 unit.

Sebagai juru kunci di posisi lima besar masih ditempati Daihatsu Sirion. Pada Agustus, Sirion terjual 153 unit, dengan jumlah keseluruhan sepanjang 2017, yakni 1.118 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.