Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2017, 13:49 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Rumors yang menyebut Kawasaki sudah mengembangkan Ninja 250 cc berkonfigurasi mesin 4-silinder makin menajam. Bocoran media di Jepang, gambar-gambar sudah mulai direkayasa, terutama dari Young Machine yang terus memberi ”info canggih”.

Penamaan, akan seperti yang sudah disebut-sebut, yakni pakai ZX-25R, alias menjadi generasi ZX-Series dengan mesin paling kecil. Tentu saja, jika meluncur kelak, model ini akan melenggang sendirian tanpa pesaing langsung.

Menurut berbagai sumber, generasi baru mesin kecil 4-silinder akan diturunkan dari pengalaman Kawasaki membangun H2 dan H2R. Buat pendamba teknologi advanced, mungkin ini akan menjadi jawaban yang memuaskan.

Spekulasi yang berebdar, mesin Ninja 250 cc terbaru 4-silinder akan berpendingin cairan, DOHC, yang sanggup memproduksi tenaga sampai 40 tk @12.000 rpm. Torsi puncak diprediksi mencapai 30 Nm @9.000 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi 6-percepatan.

Baca: Dugaan Sosok Ninja 250 Model 2017

Kalau dari desain, belum ada kepastian yang muncul. Sejauh ini masih berputar-putar soal spekulasi desain via rendering. Bahkan beritanya tertutup dengan calon Ninja 250 facelift, yang kabarnya akan meluncur duluan.

Spekulasi desain ZX-25R sendiri masih di seputaran versi lama, mirip saudara kecil ZX-10R di satu sisi. Mulai dari lekuk bodi, grafis, sampai adanya lubang udara frontal di depan yang mirip motor 1.000 cc Kawasaki. Lampu depan LED dan lampu sein diletakkan tak biasanya, bahkan lebih seperti CBR250RR.

Belum tahu, apakah motor ini akan menggunakan sasis yang sama dengan Ninja 250 versi silinder kembar. Bocoran yang pernah terlontar dari sumber Kawasaki Indonesia menyatakan bahwa model ini akan benar-benar baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.