Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Jepang, Toyota-Lexus Kenalkan Mobil "Otonomos"

Kompas.com - 15/08/2017, 19:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Raksasa mobil Jepang Toyota bersama dengan anak perusahaannya di segmen mobil mewah, Lexus, akan tampilkan mobil semi-otonomos di Olimpiade 2020.  Kabar ini juga sudah dikonfirmasi langsung oleh Ken Koibuchi, General Manager of Intelligent Vehicle Development Toyota.

Mengutip Carscoops dan Autonews, Selasa (15/8/2017) Koibuchi mengatakan, perusahaan mereka, memiliki rencana besar pada saat Olimpiade, yang akan diadakan di Tokyo untuk pertama kalinya sejak 1964.

Dirinya menolak untuk menjelaskan secara spesifik, tapi menyebut kalau Toyota akan menampilkan sistem penggerak semi-otonom generasi baru, serta prototipe yang yang akan diperkenalkan akhir dekade ini.

"Kami ingin menunjukkan spesifikasi teknologi yang tinggi sebagai etalase," ujar Koibuchi.

Rinciannya masih belum terbuka saat ini, tapi pastinya pemerintah Jepang mendorong produsen mobil, untuk memetakan jalan raya untuk persiapan Olimpiade. Ini bisa membuka jalan bagi kendaraan semi-otonom, untuk menjelajah jalan raya dengan relatif mudah.

Kendati melakukan upaya pemetaan, Koibuchi mengatakan perusahaan masih perlu mulai menggunakan sensor Lidar (Light Detection dan Ranging). “Biaya sudah turun dan kami mengharapkan untuk melihat mobil semi-otonomos Toyota dan Lexus, setidaknya tidak jauh lagi,” ujar Koibuchi.

Sistem penggerak otomasi semi-otonom Toyota generasi baru, diperkirakan bakal mulai muncul paling cepat tahun depan. Ini membuat masyarakat bisa belajar lebih banyak, soal teknologi otonomos tersebut menjelang Olimpiade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com