Olimpiade Jepang, Toyota-Lexus Kenalkan Mobil "Otonomos"

Kompas.com - 15/08/2017, 19:22 WIB
Otonomos pada mobil Lexus. CarscoopsOtonomos pada mobil Lexus.
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Raksasa mobil Jepang Toyota bersama dengan anak perusahaannya di segmen mobil mewah, Lexus, akan tampilkan mobil semi- otonomos di Olimpiade 2020.  Kabar ini juga sudah dikonfirmasi langsung oleh Ken Koibuchi, General Manager of Intelligent Vehicle Development Toyota.

Mengutip Carscoops dan Autonews, Selasa (15/8/2017) Koibuchi mengatakan, perusahaan mereka, memiliki rencana besar pada saat Olimpiade, yang akan diadakan di Tokyo untuk pertama kalinya sejak 1964.

Dirinya menolak untuk menjelaskan secara spesifik, tapi menyebut kalau Toyota akan menampilkan sistem penggerak semi-otonom generasi baru, serta prototipe yang yang akan diperkenalkan akhir dekade ini.

"Kami ingin menunjukkan spesifikasi teknologi yang tinggi sebagai etalase," ujar Koibuchi.

Rinciannya masih belum terbuka saat ini, tapi pastinya pemerintah Jepang mendorong produsen mobil, untuk memetakan jalan raya untuk persiapan Olimpiade. Ini bisa membuka jalan bagi kendaraan semi-otonom, untuk menjelajah jalan raya dengan relatif mudah.

Kendati melakukan upaya pemetaan, Koibuchi mengatakan perusahaan masih perlu mulai menggunakan sensor Lidar (Light Detection dan Ranging). “Biaya sudah turun dan kami mengharapkan untuk melihat mobil semi-otonomos Toyota dan Lexus, setidaknya tidak jauh lagi,” ujar Koibuchi.

Sistem penggerak otomasi semi-otonom Toyota generasi baru, diperkirakan bakal mulai muncul paling cepat tahun depan. Ini membuat masyarakat bisa belajar lebih banyak, soal teknologi otonomos tersebut menjelang Olimpiade.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X