Usaha Fifgroup Biayai Motor dan ”Turunannya”

Kompas.com - 15/08/2017, 16:56 WIB
Manajemen Fifgroup dan konsumen dalam talk show Geliat Usaha Rakyat. FIFGROUPManajemen Fifgroup dan konsumen dalam talk show Geliat Usaha Rakyat.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Federal International Finance ( Fifgroup) tak mau terlena dengan pembiayaan sepeda motor Honda yang sudah memimpin pasar hingga hampir 80 persenan. Bagian bisnis lain mulai diseriusi oleh perusahaan yang membawa payung PT Astra International ( Grup Astra).

Pembiayan sepeda motor yang sudah sangat kuat, lalu dipecah lagi dengan membiaya elektronik dan kebutuhan masyarakat lainnya. Meski pintu utama tetap mengutaman konsumen Fifgroup yang menjadi konsumen sepeda motor Honda.

Perkembangan ”bisnis sampingan” Fifgroup di luar otomotif tercermin dalam talkshow Geliat Usaha Rakyat yang diprakarsai oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Kamar Dagang Indonesia (Kadin), dan Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia ( HIPPI), (14/8/2017), di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Yata, salah satu konsumen dalam talkshow, mengatakan bahwa usaha dia menjual hasil seafood segar ini dibantu oleh Fifgroupp yang terlebih dahulu pembiayaan sepeda motor dengan cicilan terjangkau. ”melalui pembiayaan motor dari Fifgroup sangat membantu usaha. Orderan pelanggan bisa saya antar lebih tepat waktu," katanya.

Hernowo, berbeda dengan Yata. Diranya mengaku dapat modal dari  Fifgroup Rp 10 juta untuk mengawali usaha. Kini, omzet jualan kerupuk kulitnya mencapai ini Rp 200 juta perbulan

Direktur Astra Multifinance member of Fifgroup, Lim Lizal Santoso, dalam siaran resmi (14/8/2017), mengatakan bahwa tujuan akhirnya dari semua yang dilakukan Fifgroup ini adalah memberikan kehidupan yang lebih baik bagi pelanggan.

Pada semester pertama tahun lalu, Fifgroup yang fokus pada pembiayaan roda dua mencatat kenaikan laba bersih sebesar 15 persen (dibandingkan periode yang sama tahun lalu) menjadi Rp 930 miliar. Ini semua berkat kenaikan pangsa pasar sepeda motor Honda serta diversifikasi produk pinjaman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X