Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Fifgroup Biayai Motor dan ”Turunannya”

Kompas.com - 15/08/2017, 16:56 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Federal International Finance (Fifgroup) tak mau terlena dengan pembiayaan sepeda motor Honda yang sudah memimpin pasar hingga hampir 80 persenan. Bagian bisnis lain mulai diseriusi oleh perusahaan yang membawa payung PT Astra International (Grup Astra).

Pembiayan sepeda motor yang sudah sangat kuat, lalu dipecah lagi dengan membiaya elektronik dan kebutuhan masyarakat lainnya. Meski pintu utama tetap mengutaman konsumen Fifgroup yang menjadi konsumen sepeda motor Honda.

Perkembangan ”bisnis sampingan” Fifgroup di luar otomotif tercermin dalam talkshow Geliat Usaha Rakyat yang diprakarsai oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Kamar Dagang Indonesia (Kadin), dan Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia ( HIPPI), (14/8/2017), di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Yata, salah satu konsumen dalam talkshow, mengatakan bahwa usaha dia menjual hasil seafood segar ini dibantu oleh Fifgroupp yang terlebih dahulu pembiayaan sepeda motor dengan cicilan terjangkau. ”melalui pembiayaan motor dari Fifgroup sangat membantu usaha. Orderan pelanggan bisa saya antar lebih tepat waktu," katanya.

Hernowo, berbeda dengan Yata. Diranya mengaku dapat modal dari  Fifgroup Rp 10 juta untuk mengawali usaha. Kini, omzet jualan kerupuk kulitnya mencapai ini Rp 200 juta perbulan

Direktur Astra Multifinance member of Fifgroup, Lim Lizal Santoso, dalam siaran resmi (14/8/2017), mengatakan bahwa tujuan akhirnya dari semua yang dilakukan Fifgroup ini adalah memberikan kehidupan yang lebih baik bagi pelanggan.

Pada semester pertama tahun lalu, Fifgroup yang fokus pada pembiayaan roda dua mencatat kenaikan laba bersih sebesar 15 persen (dibandingkan periode yang sama tahun lalu) menjadi Rp 930 miliar. Ini semua berkat kenaikan pangsa pasar sepeda motor Honda serta diversifikasi produk pinjaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com