Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Mulai Mengancam

Kompas.com - 02/08/2017, 15:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Yokohama, KompasOtomotifAliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Motors kini makin kuat, dan mengklaim sebagai peringkat pertama penjualan di dunia pada 2017. Laporan terakhir, penjualan aliansi naik 7 persen mencapai 5.268.079 unit pada paruh pertama tahun kalender 2017.

Baca: Aliansi Nissan Geser VW, Jadi Merek Terbesar Dunia

Hal ini dicapai berkat meningkatnya permintaan model dari merek Perancis dan Jepang itu di berbagai wilayah, serta ditunjang kontribusi semester pertama dari anggota baru aliansi, Mitsubishi Motors.

Aliansi mencatat peningkatan penjualan dari model Renault, seperti Clio, Sandero, Megane, Captur dan Duster. Sementara Nissan melaporkan permintaan yang tinggi akan X-trail/Rouge, Sentra/Sylphy, Qashqai, dan Altima/Teana.

Penjualan dari Mitsubishi Motors yang menjadi bagian dari aliansi, akhir 2016, berhasil mendekati 495.000 unit berkat permintaan yang solid akan SUV Outlander secara global dan Pajero Sport di pasar ASEAN.

Akumulasi penjualan kendaraan listrik juga meningkat signifikan menjadi 481.151 unit, menegaskan kembali peran aliansi sebagai produsen mobil listrik terkemuka untuk segmen mass-market. Nissan LEAF dan Renault ZOE makin tinggi permintaannya. Di sisi hybrid, Mitsubishi Outlander plug-in hybrid terjual lebih dari 13.000 unit.

”Perluasan Aliansi kami cukup baik untuk mewujudkan potensi penuh, tidak hanya dalam hal volume penjualan, tapi juga dengan menyediakan layanan mobilitas generasi mendatang kepada seluruh pelanggan di dunia,” ujar Carlos Ghosn, Chairman dan Chief Executive Aliansi Renault-Nissan, dalam siaran resmi (2/8/2017).

Dia menambahkan, aliansi akan terus memanfaatkan skala ekonomi dan pasar global yang signifikan untuk memberikan sinergi berharga bagi anggota perusahaan baru. Caranya, mempertahankan basis teknologi yang kuat dan menawarkan terobosan model-model listrik bagi konsumen.

Aliansi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi tahun ini karena Mitsubishi Motors bekerja sama lebih erat dengan Nissan dan Renault di berbagai bidang meliputi pengadaan barang, lokalisasi, manufaktur, platform kendaraan, teknologi dan perluasan pasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.