Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2017, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan hanya berguna sebagai pelindung mesin mobil saja, pelumas, saat ini trennya juga harus bisa mendukung keiritan bahan bakar. Ini sejalan dengan pergerakan industri otomotif ke arah fuel efficient vehicle, dan mengikis ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Shofwatuzzaki , Shell Lubricants Techical Advisor Indonesia mengatakan, kalau standar pelumas yang mampu membuat bahan bakar irit sudah ada, melalui International Lubricant Standardization and Approval Committee GF-5  (ILSAC GF-5).

“Arah oli ke depan akan ke sana, tapi khusus oli mobil. Sementara untuk sepeda motor sampai saat ini belum ada,” ujar Zaki, Selasa (1/8/2017).

Lalu pertanyaannya, bagaimana oli bisa membantu membuat mesin mobil menjadi lebih irit?

Zaki menjawab, dengan pelumas yang tepat, bisa membuat kerja mesin menjadi lebih enteng, dengan menghasilkan gesekan yang rendah. Ini dianggap bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar yang baik, dan tidak boros.

“Melalui teknologi yang kami miliki, Shell PurePlus Technology, kami membuat oli 0W-10 untuk City Car-Gordon Murray dan menghemat 6,5 persen bahan bakar. Pembuat mesin untuk 1 persen saja, berani bayar mahal, apalagi untuk 6,5 persen,” ujar Zaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com