Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Godaan Baru Kia Sorento ”Facelift”

Kompas.com - 20/07/2017, 16:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Seoul, KompasOtomotifKia Sorento facelift baru saja diluncurkan di tanah kelahiran, Korea Selatan. Ini adalah penyegaran pertama generasi ketiga SUV medium itu sejak meluncur 2014 silam. Kendati demikian, ubahan yang diberikan tak begitu tampak secara kasat mata.

Paling kentara dari perubahan eksterior adalah desain lampu utama, yang kini menggunakan full LED, dan pada tipe tertinggi menggunakan desain triple-barrel. DRL yang kemarin jadi ”alis” kini dipindah ke bawah, meski masih dalam satu rangkaian lampu.

Kisi-kisi udara pada gril yang sebelumnya berbentuk berlian kini diganti desainnya, sehingga tampak makin terlihat gagah. Lampu kabut sekarang menggunakan desain khas yang disebut ”ice cube” alias seperti potongan es batu, tapi dipasang lebih kecil.

Di belakang, desain lampu LED juga diubah. Kesannya makin tajam, dan memberikan efek makin terang pada lampu rem. Sepintas, ada semacam tiga garis tegak pada lampu yang akan berpendar jika pedal rem diinjak.

Interior Kia Sorento facelift. Kesannya makin mewah.Kia via Paultan.org Interior Kia Sorento facelift. Kesannya makin mewah.
Bemper juga punya profil baru, berasimilasi dengan pipa gas buang yang seolah muncul dari bawah. Bagian ini juga membuat penampilan Sorento makin gagah, karena muncul semacam pelindung bemper warna silver. Pelek masih sama, pakai ukuran 19 inci, tapi dengan desain berbeda.

Interior
Beranjak ke kabin, misi Kia adalah menambah kesan luks. Desain lingkar kemudi baru, berlapis dua jenis kulit yang berbeda. Head unit menggunakan seri terbaru dari Kia bisa beroperasi dengan Android Auto atau Apple Carplay.

Bagian belakang makin ekslusif dengan desain bemper dan lampu baru.Kia via Paultan.org Bagian belakang makin ekslusif dengan desain bemper dan lampu baru.
Di beberapa area muncul warna hitam piano. Tuas pemindah gigi juga makin ekslusif. Fitur baru ditambahkan termasuk pemanas dan penggerak elektrik jok, serta adanya kompartemen wireless charging untuk ponsel dengan baterai berteknologi Qi.

Fitur keamanan ditambahkan makin lengkap, sudah termasuk Lane Keeping Assist, Smart Cruise Control with Forward Collision Assist, Blind Spot Warning, Dynamic Bending Lights, dan Driver Alert Warning. Ada juga pengawas tekanan ban.

SUV besar ini ditawarkan dalam konfigurasi tempat duduk lima atau tujuh penumpang. Mesin ada tiga pilihan di Korea Selatan, yakni 2.000 cc diesel (186 PS/402 Nm), 2.200 cc diesel (202 PS/441 Nm), dan 2.000 cc T-GDI bensin (240 PS/353 Nm).

Pembeli bisa memilih penggerak dua roda atau empat roda. Harga start dari 27.850.000 won (Rp 329 jutaan) di Korsel. Berikut video komersialnya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com