Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khusus Darurat, Posko Mudik Disiapkan buat Bus Hino

Kompas.com - 07/06/2017, 13:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tak cuma mobil penumpang, posko siaga mudik juga disediakan pemegang merek truk dan bus. Salah satu yang konsisten adalah Hino, menyediakan 12 titik siaga (9 posko dan 3 bengkel) di sepanjang jalu mudik Jawa dan Sumatera untuk musim mudik Lebaran tahun ini.

Sebenarnya ini cukup unik, karena sebenarnya, bus-bus yang jalan ketika mudik sudah harus disiapkan "kesehatannya" sedini mungkin. Lagipula, ketika sudah jalan mengangkut penumpang, bukankah tak ada waktu lagi untuk sekadar cek kondisi di jalur mudik?

Menjawab pertanyaan besar ini, Irwan Supriyono, Senior Executive Officer Aftersales PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menegaskan bahwa posko mudik Lebaran sifatnya siaga kondisi emergency. Itulah kenapa, titik berdiri posko dipusatkan di tempat-tempat peristirahatan PO bus.

"Letaknya pun di sejumlah rumah makan, tempat mereka istirahat. Saat itulah waktu untuk pemeriksaan gratis, untuk meyakinkan kendaraan yang dipakai aman dan menjamin bus tidak mogok atau tidak bermasalah setelah berangkat lagi," kata Irwan, (6/6/2017), di Jakarta.

HMSI pun sudah menyebar leaflet ke seumlah PO Bus dengan armada Hino untuk memberikan gambaran titik-titik mana saja yang terdapat posko siaga.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Irwan Supriyono, Senior Executive Officer Aftersales PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), menjelaskan tentang posko mudik Hino 2017.
Irwan juga menambahkan, sudah ada program Campaign Hari Raya yang dilakukan bengkel-bengkel resmi, atau HMSI yang akan mendatangi PO Bus untuk dilakukan pemeriksaan bus sebelum digunakan untuk mengantar penumpang mudik.

Wajar Hino harus melakukannya, karena merek ini menjadi pemimpin pasar di segmen bus. Pada 2016 lalu, Hino memimpin dengan 60 persen market share. Bahkan pada empat bulan pertama tahun ini, Hino berhasil menaikkan pangsa pasar bus menjadi 62 persen.

Hino Lebaran Service Corner ini siaga di Medan, Palembang, Lampung, dan Merak untuk jalur Sumatera. Sedangkan di Jawa akan ada di jalur Utara, tepatnya di Cipali, Cirebon, Pemalang, Weleri, Semarang. Lalu di jalur Selatan Jawa akan ada di Nagrek, Kebumen, dan Ngawi.

Di titik-titik itu, sudah siap mekanik berpengalaman, peralatan, dan suku cadang yang sifatnya fast moving seperti V-Belt, oli mesin, hub bolt, cairan rem dan kopling, serta power steering. Operasi bengkel siaga ini dimulai pada 22 Juli hingga 1 Juli 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com